Diskominfo Ikuti Bimtek TV Radio di UB Malang  

Print Friendly and PDF


BIMTEK – Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Dr H Suwarno Muriyat (tengah) bersama Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik beserta Staf Pemberitaan dan Dokumentasi saat berada di depan Rektorat Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur.

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kominfo secara intens mempersiapkan keberadaan Televisi Pemerintah Kapuas menyusul Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kapuas yang telah lama mengudara pada 91.40 FM dengan mengirim stafnya pada pelatihan manajemen pertelevisian.

Kali ini yang menjadi pilihan tempat Bimbingan Teknis (Bimtek) adalah Universitas Brawijaya Televisi dan Radio (UB TVR) di Kota Malang Provinsi Jawa Timur karena dianggap baik dalam pengelolaannya serta variatif program tayangannya.

Bimtek selama dua hari, 1 hingga 2 Juli dipimpin langsung Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat didampingi Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Gusti Mahfuz beserta 8 Staf pemberitaan dan dokumentasi video.

Adapun materi bimtek meliputi mekanisme pendirian dan sejarah singkat UB TVR, managemen kehumasan, varian dan mekanisme program, proses produksi, pemberitaan cetak serta kunjungan ke beberapa ruang produksi serta praktek produksi siaran.

Direktur UB TVR Riyanto yang menyambut langsung kedatangan peserta bimtek menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada rombongan dari Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas. Ia menerangkan tentang UB TVR serta perkembangannya.

“Kedatangan bapak, ibu, saudara dari Diskominfo Kapuas menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kapuas membangun media radio dan televisi di Kabupaten Kapuas,” ucap Riyanto.

Sementara itu Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat  mengutarakan maksud dan tujuan mengikuti pelatihan ini.

“Saya membawa rekan-rekan yang telah biasa membuat berita untuk media cetak maupun media televisi. Melalui pelatihan selama dua hari ini harapan saya agar kompetensi broadcasting bertambah dan kinerjanya juga semakin meningkat” jelasnya.

Alumni Pascasarjana Doktor Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Malang ini menjelaskan keberadaan dan pentingnya Pemerintah Kabupaten Kapuas memiliki Radio dan Televisi.

“Radio Pemkab Kapuas pada 91,40 FM telah lama beroperasi dan menginformasikan berbagai kegiatan pemerintah maupun hiburan hingga menjangkau hampir seluruh wilayah Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Barito Kuala.

Adapun hasil produksi video Staf Diskominfo selama ini telah ditayangkan melalui TV Chanel Kapuas, youtube, instagram maupun media sosial lainnya.

"Nantinya keberadaan Radio dan TV Pemkab Kapuas selain sebagai media dokumentasi pelestarian budaya, informasi dan hiburan juga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah Kapuas,” pungkas Suwarno.[angga]


TAG