Disdik Kapuas Tempati Peringat Enam Terbesar Penyaluran PIP

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS -  Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas pada bidang pendidikan dasar masuk sepuluh besar, dalam penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP).

Dari 128 kabupaten/kota dari 8 provinsi  pada regional ll Indonesia, Kabupaten Kapuas menempati peringkat keenam terbesar dalam penyaluran atau penyerapan bantuan tunai dari pemerintah pusat tersebut.

"Itu penyaluran selama tahun 2017, dimana PIP yang tersalurkan sebesar 90,77 persen," ungkap Rudie SPd, operator PIP pada bidang pembinaan SD Disdik Kapuas, Senin (23/7/2018).

Menurutnya, pencapaian penyaluran 90,77 persen itu, dari dana sebesar Rp5.344.200.000 yang disalurkan kepada 13.088 orang peserta didik tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Kapuas.

Atas capaian itu, Dinas Pendidikan memperoleh apresiasi dari pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) berupa hadiah dan voucher belanja yang diserahkan di Aula Utama Lantai 24 Hotel Garden Palace Surabaya, Kamis (19/7/2018) lalu.

"Atas nama Dinas Pendidikan kami ucapkan terimakasih kepada pihak yang mendukung lancarnya program PIP," kata M Hassan, Kabid Pembinaan SD Disdik Kapuas.

Hal itu, sambungnya, tak lepas dari peran operator sekolah, kepala sekolah, guru serta masyarakat orang tua siswa yang turut mendukung kelancaran penyaluran dana bantuan tunai itu.

PIP merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Kemendiknas, yaitu bantuan uang tunai kepada peserta didik yang kurang atau tidak mampu membiayai pendidikan, bantuan itu disalurkan Pemerintah melalui rekening bank dalam hal ini BRI.[zulkifli]


TAG