Disdik Kapuas Optimis Penerapan K-13 Tuntas Merata

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas optimis pada tahun pelajaran 2018 - 2019 ke depan di Kabupaten Kapuas telah siap menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Pasalnya, para kepala sekolah dan guru telah diberikan bekal bimbingan teknis berapa waktu lalu. Selain itu. juga ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan K-13 tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Kamis (5/7/2018) melalui M Hassan, Kabid Pembinaan SD yang ditemui di ruang kerjanya.

"Dari 403 jumlah SD, ada 25 sekolah yang sudah menerapkan K-13," ungkap M Hassan.

Menurutnya, pada USBN tahun ini, soal-soalnya adalah antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan K-13 yang akan diterapkan penuh pada tahun ajaran 2018-2019.

"Harapan kita kepada guru dan kepala sekolah yang mengikuti Bimtek K-13 supaya dapat diterapkan di sekolah," imbuh M Hassan.

Tahun ajaran mendatang, lanjutnya, semua diterapkan K-13, mulai dari semester, pembelajaran, ulangan, ujian dan ijazah. Dengan penerapan K-13, pihaknya mengharapkan hal itu dapat lebih memacu peningkatan pembelajaran peserta didik, di mana guru dituntut lebih meningkatkan kreativitas dalam penerapan pembelajaran.

Diyakini K-13 lebih bagus, hanya saja penerapan di daerah kadang terkendala keterbatasan sarana dan prasarana. Untuk itu guru diharapkan lebih berinovasi dan berkreasi dalam aktivitas pembelajaran.[zulkifli]


TAG