Disdik Gelar Rakor Pendidikan Keluarga

Print Friendly and PDF


SAMBUTAN – Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Ir Riduanto saat membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas pada Rapat Koordinasi Pendidikan Keluarga, Kamis (19/7/2018) di Aula Kantor Pendidikan Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS – Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas melalui Pokja Pendidikan Keluarga Disdik Kabupaten Kapuas mengadakan Rapat Koordinasi Pendidikan Keluarga di Kabupaten Kapuas, Kamis (19/7/2018) lalu di Aula Dinas Pendidikan Kapuas.

Kegiatan tersebut ditujukan bagi satuan pendidikan yang terdiri dari PAUD, SD, SMP, SKB sampai SLB yang dihadiri sebanyak 50 peserta tenaga pendidik. Narasumbernya yaitu Fasilitator Pendidikan Keluarga Mustikayati SPd MPd dan Pepi Puspitaningrum SPd MPd.

Adapun maksud dari kegiatan itu adalah untuk meningkatkan peran serta satuan pendidikan dalam berperan aktif dan terlibat mendukung program pemerintah yang bertujuan  meningkatkan anak bangsa yang berkualitas dan berkarakter.

Kepala Dinas Pendidikan, Ilham Anwar dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Ir Riduanto yang juga selaku Ketua Pokja Pendidikan Keluarga mengatakan, keluarga merupakan ajang pertama dimana sifat-sifat kepribadian anak tumbuh dan terbentuk dengan cepat.

“Seorang anak akan menjadi warga masyarakat yang baik atau tidak, sangat bergantung pada pembelajaran positif yang diberikan sejak usia dini. Kehidupan anak tersebut juga mempengaruhi masyarakat sekitarnya sehingga pendidikan keluarga itu merupakan dasar terpenting untuk kehidupan anak sebelum masuk sekolah dan terjun ke masyarakat,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, adanya perubahan gaya hidup di sekitar secara terus menerus oleh tiap keluarga ditanggapi dan diresponsif pada setiap tahap perkembangan yang dialami oleh anak.

Proses pendidikan pada anak akan berhasil bila keseluruhan ekosistem di sekeliling anak akan bergerak selaras dan saling mendukung bagi tumbuh kembang anak yang sehat.

“Semoga melalui rapat koordinasi yang dilaksanakan dapat memberikan dan melahirkan rumusan-rumusan yang dapat membawa kemajuan dan perbaikan di bidang pendidikan di Kabupaten Kapuas khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, bermartabat, adil, makmur dan sejahtera akan tercapai,” harapnya.[angga]


TAG