Dewan Minta Semua Pengawas Proyek Pembangunan Harus Paham Teknis

Print Friendly and PDF


BUNTOK - ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam meminta setiap SOPD yang melaksanakan proyek pembangunan di Barsel, agar menyediakan pengawas yang benar-benar paham teknis pekerjaan dan taat terhadap aturan hukum.

Hal ini, disampaikan oleh pria yang akrab disapa Ake ini, kepada KabarKalteng, Senin (30/7/2018). Menurut dia, keberhasilan sebuah pekerjaan proyek pembangunan, itu sangat ditentukan oleh pengawasan.

Sebab itulah, Ake mengingatkan agar semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada di Barsel, memberikan tugas sebagai pengawas proyek pembangunan, kepada orang yang benar-benar faham terhadap masalah teknis.

"Kalau mau pekerjaan proyek pembangunan itu berhasil, ya pengawasnya harus yang faham betul masalah teknis," tukas Ake.

Berikutnya, ditekankan oleh orang nomor satu di parlemen Barsel ini, selain masalah teknis, seorang pengawas juga harus memahami masalah peraturan dan perundang undangan yang berlaku, sebab hal itu kental keterkaitannya untuk mengamankan sebuah pekerjaan proyek pembangunan, dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Sebab meskipun seorang pengawas merupakan orang yang faham terhadap teknis, belum tentu bisa memastikan bahwa setiap tahapan pelaksanaan proyek pembangunan tersebut bisa berjalan sesuai aturan, apabila pengawasannya juga tidak faham dengan aturan yang berlaku.

"Pemgawas juga harus faham aturan yang berlaku, agar bisa memastikan bahwa pekerjaan sebuah proyek pembangunan, tetap berjalan sesuai dengan koridor hukum," tegasnya.[tampetu]


TAG