• Latest News

    Senin, 09 Juli 2018

    Bupati dan Wabup Hadiri Paripurna Penyampaikan LKPD 2017


    PULANG PISAU - Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pisau) H Edy Pratowo bersama Wakilnya, Pudjirustaty Narang menghadiri Rapat paripurna Penyampaian Raperda LKPD Tahun Anggaran 2017.

    Ini dalam rangka menindaklanjuti agenda kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau, pada masa persidangan II Tahun 2018, Senin (9/7/2018) bertempat di ruang sidang dewan setempat.

    Rapat yang dibuka oleh Ketua DPRD Pulang Pisau, H Maruadi didampingi Wakil Ketua DPRD, H Fadli Rahman juga dihadiri jajaran pemerintah kabupaten setempat, diantaranya Kepala SOPD, Lembaga Vertikal TNI/Polri, Pimpinan BUMN, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya.

    Usai mendengarakan hasil laporan LKPD, Bupati Edy dalam sambutannya menyampaikan bahwa laporan pertanggungjawaban keuangan daerah yang bersumber pada peraturan pemerintah yang termaktup dalam undang-undang yang sudah ditetapkan itu merupakan proses pertanggungjawaban dan proses pelaporan entitas akuntasi yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah dengan memperhatikan beberapa prinsip laporan diantaranya prinsip nilai perolehan, prinsip peridisitas, prinsip konsistensi, prinsip pengungkapan lengkap, prinsip kewajaran penyajian, prinsip realisitas, prinsip transparan, akuntabilitas dan prinsip-prinsip lainnya yang harus ditatati dalam menyusun laporan daerah.

    "Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD atau laporan keuangan daerah kita tahun anggaran 2017 telah diaudit oleh BPK RI perwakilan Kalteng. Dan dalam audit tersebut laporan keuangan kita mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya," ucap Edy pada kesempatan itu.

    Selanjutnya tambah Edy, laporan keuangan daerah tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban keuangan dan aset pemerintah daerah yang bukan hanya sekedar menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasi anggaran.

    Namun tepatnya menggambarkan bentuk pendapatan, belanja dan beban operasional sebagai manifestasi dari hak dan kewajiban daerah dalam menyelenggarakan pemerintah.

    Selain itu, menurut orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat itu, dalam laporan keuangan tersebut menggambarkan pula segala segala bentuk aset yang berhubungan dengan hak dan kewajiban daerah, sebagaimana telah diamanatkan melalui Undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, undang-undang nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan keuangan negara dan peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.

    "Laporan pertanggungjawaban APBD ini merupakan proses akhir dari proses pengelolaan keuangan negara dan daerah. Mulai dari prosea penganggaran, proses penatausahaan keuangan dan penatausahaan aset," terangnya.

    Dengan telah dilaksanakannya Rapat Paripurna Masa sidang kedua, maka kita harapkan bersama agar Kabupaten Pulang Pisau yang sama-sama kita cintai ini semakin baik dan lebih maju lagi kedepannya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bupati dan Wabup Hadiri Paripurna Penyampaikan LKPD 2017 Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top