Bartim dan Barsel Berpotensi Hujan Intensitas Ringan

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dalam waktu dekat, di wilayah Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah dimungkinkan akan berpotensi hujan dengan intensitas curah hujan ringan.

Hal ini, disampaikan oleh Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok, Sudarmono, di Buntok, Kamis (19/7/2018).

"Dari 17- 23 Juli 2018 mendatang pada dua wilayah kabupaten ini diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan," ucapnya.

Diterangkan oleh Sudarmono, hujan ringan tersebut, diperkirakan dengan intensitas antara 1 hingga 10 mm dalam setiap harinya, dan hujan berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

Lebih jauh dilanjutkannya, potensi hujan ringan di dua Kabupaten di DAS Barito ini, diakibatkan adanya Shearline (belokan angin) yang bergerak dari daerah tekanan tinggi di Australia menuju ke pusat daerah tekanan rendah disebelah utara Philipina, dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Sedangkan analisis suhu permukaan laut dalam sepekan yang lalu menunjukkan bahwa di sepanjang Equator (dari perairan Afrika bagian Timur, Samudera Hindia, Samudera Indonesia, Samudera Pasifik bagian Barat dan Tengah ) secara umum bersifat hangat (>26°C).

"Artinya dengan kondisi tersebut, besar kemungkinan terjadi pembentukan awan-awan konvektiv (awan –awan hujan) pada beberapa daerah seperti Perairan Timur Afrika, dan Samudera  Pasifik bagian Barat," jelas dia.

Adapun potensi hujan ringan yang lebih besar, untuk terjadi di wilayah kabupaten Barsel dan Bartim adalah pada 20-22 Juli 2018 mendatang.

"Sedangkan pada tanggal 17 hingga 19 Juli, dan pada 23 Juli kondisi cuaca pada dua wilayah kabupaten ini berawan," tutupnya.[tampetu]


TAG