Agustus Ini, Kota Besi Target Tuntaskan 3000 E- KTP

Print Friendly and PDF


SAMPIT - Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur menargetkan pada Agustus 2018 ini akan terealisasi pembuatan 3000 Kartu Tanda Pemduduk Elektronik (E-KTP) bagi warga yang belum memilikinya.

Hal ini diungkapkan Camat Kota Besi, Sutimin, Selasa (31/7/2018). Kepada kabarkalteng.com di ruang kerjanya mengatakan, masyarakat yang berdomisili dekat dengan kecamatan bisa langsung melakukan perekaman identitas di Kantor Kecamatan Kota Besi pada setiap hari kerja.

Bagi masyarakat yang jauh dari kecamatan, lanjut Sutimin, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur, agar dapat melakukan pelayanan perekaman di desa yang telah ditunjuk.

"Seperti misalnya, warga Desa Camba dan Desa Bajarum dapat melakukan perekaman di Desa Kandan. Selain menghemat waktu, juga menghemat biaya," terang Sutimin.

Selain pembuatan E-KTP, Kecamatan Kota Besi juga melayani pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran untuk warga yang membutuhkan.

"E-KTP wajib dimiliki oleh warga, terutama pada tahun 2019 nanti Indonesia akan melaksanakan dua event penting, yaitu masa pemilihan anggota legislatif dan masa pemilihan presiden," jelasnya.

Terkait kendala, Sutimin mengungkapkan masih ada warga yang sudah bermukim cukup lama di Kecamatan Kota Besi, namun belum pindah keterangan domisili ke alamat yang baru.

"Kami mengharapkan agar warga di enam desa dan dua kelurahan di wilayah Kecamatan Kota Besi dapat memanfaatkan pelayanan ini semaksimal mungkin, agar segera dapat memiliki E-KTP. Karena saat ini, E-KTP sangat diperlukan sebagai syarat mengurus berbagai kepentingan sehari-hari," pungkasnya.[tomi]


TAG