• Latest News

    Selasa, 03 Juli 2018

    52 Calon Haji Pulpis Ikuti Bimbingan Manasik Haji


    PULANG PISAU - Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) pada tahun 2018 (1439 H) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pulpis bakal memberangkatkan sebanyak 52 calon jamaah haji ke Mekkah.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pulpis, H Ardiansyah saat kegiatan bimbingan manasik haji bagi jemaah calon haji Pulpis tahun 1439H/2018M yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Pulpis mulai 3-l hingga 4 Juli 2018.

    Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo didampingi Plt Sekda Pulang Pisau, Saripudin dan Ketua MUI Pulpis, H Suriadi.

    Menurut Ardiansyah, kegiatan bimbingan manasik haji ini merupakan persiapan bagi para calon jamaah haji yang berangkat pada tahun 2018. Penyelenggaraan didasarkan pada UU nomor 18 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji.

    Sementara maksud dan tujuan kegiatan yaitu untuk memberikan pemahaman pada calon jamaah haji Kabupaten Pulpis tentang kebijakan Pemerintah dalam penyelengaraan ibadah haji, serta untuk memberikan informasi mengenai manasik haji baik, memberikan bekal tentang penyelenggaraan ibadah haji,
    memberikan keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan buku panduan manasik haji.

    "Kita ingin memberikan pengetahuan, kemampuan tata cara menjaga kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji, serta memberikan informasi, gambaran situasi dan kondisi yang akan dan kemungkinan terjadi baik selama di perjalanan ataupun selama di tanah suci dan dalam rangka membentuk jamaah calon haji yang istitho’ah dan mandiri," ungkapnya.

    Sementara Bupati, H Edy Pratowo saat membuka kegiatan mengatakan, jemaah calon haji yang telah siap berangkat ke tanah suci Mekkah dapat mengkondisikan diri dengan cara melatih kesabaran, meluruskan niat karena Allah, disiplin mengatur waktu dan menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan serta istirahat yang cukup.

    "Karena dengan kesabaran dan niat yang ikhlas serta ilmu dan bekal yang cukup merupakan kunci menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Aamiin," ucapnya.

    Pada kesempatan tersebut, Edy juga berpesan supaya para jemaah calon haji Kabupaten Pulpis dapat mengikuti kegiatan manasik haji ini dengan baik dan sungguh-sungguh, karena pelaksanaan manasik ini, sangat penting dan bermanfaat bagi jamaah calon haji, untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji.

    Sehingga nanti para jemaah calon haji, tambahnya lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan Ibadah Haji di tanah suci.

    Selanjutnya, kepada tim pemandu haji, tim pembimbing haji, para petugas haji dan semua pihak terkait agar dapat memberikan pelayanan, bimbingan dan penyertaan kepada para jemaah calon haji dengan penuh ikhlas, penuh tanggungjawab dan profesional.

    "Berikan bimbingan terkait dengan
    manasik haji sejelas mungkin, sehingga seluruh jemaah calon haji dapat paham dalam menjalankan rukun dan wajib haji dengan baik dan benar," kata Edy saat membuka kegiatan itu secara resmi.

    Sementara itu, diketahui rombongan calon jamaah haji Pulpis berjumlah 52 orang yang dijaring dari 8 Kecamatan di wilayah Pulpis. Rombongan ini akan berangkat ke Mekkah pada tanggal 3 Agustus 2018, mengikuti koloter 11 yang diisi dengan jemaah dari kabupaten Kotawaringi timur dan Katingan.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 52 Calon Haji Pulpis Ikuti Bimbingan Manasik Haji Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top