Satlantas Polres Pulpis Bertekad Tekan Angka Kecelakaan Arus Mudik Lebaran

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Pulang Pisau melakukan berbagai hal untuk persiapan menghadapi arus mudik dan balik pada Lebaran tahun 2018 ini. Hal tersebut dilakukan guna terciptanya kelancaran arus mudik dan menjamin keselamatan pemudik.

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono melalui Kasat Lantas, Iptu Aris Suprianto mengatakan, pihaknya telah menggelar Operasi Ketupat Telabang yang mulai dilaksanakan pada 6 Juni 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

"Ini merupakan agenda tahunan yang memfokuskan pada keamanan dan keselamatan masyarakat dalam melaksanakan mudik lebaran dan menekan angka kecelakaan selama arus mudik maupun arus balik lebaran," ucap Suprianto, Jumat (8/6/2018).

Saat mudik, Suprianto menghimbau kepada masyarakat agar dapat menggunakan transportasi umum dibandingakan dengan menggunakan kendaraan pribadi, terlebih kendaraan roda dua yang sering sekali mengalami kecelakaan dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

Karena, dengan mudik menggunakan transportasi umum diharapkan angka kecelakaan yang sering terjadi pada saat arus mudik maupun arus balik dapat diminimalisir.

Dalam operasi ketupat telabang 2018 kali ini, pihaknya hanya akan melakukan tindakan teguran terhadap pengendara yang melanggar ketertiban lalu lintas. Meski demikian, apabila pengendara telah melakukan pelanggaran lalu lintas maka tidak menutup kemungkinan akan kit tindak tegas.

"Apabila memang telah melakukan pelanggaran dengan mengakibatkan kecelakaan yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain, maka akan ditindak tegas sesuai dengan perturan yang berlaku," imbuhnya.

Ia kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pengendara yang akan mudik lebaran maupun yang melakukan perjalanan jauh agar dapat terlebih dahulu mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan sehingga saat diperjalanan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pihak kepolisian dalam giat ini bekerjasama dengan TNI, Tenaga Medis, Dinas Perhubungan, dan Pol PP. Pihaknya telah menyediakan pos pelayanan selama mudik lebaran yang berada beberapa titik salah satunya didepan Alfamart jalan trans lintas kalimantan Km 10 yang selalu ramai dilewati oleh para pemudik.

"Pos-pos itu sendiri diperuntukkan bagi pengendaraan yang ingin beristirahat melepas penat saat dalam perjalanan mudik," tukasnya.[manan]


TAG