Polres Barut Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2018

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Kapolres Barito Utara (Barut), AKBP Dostan Matheus Siregar SIK membacakan pidato Kapopri Jenderal Pol Tito Karnavian, pada acara Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Telabang tahun 2018 di halaman Polres Barut, Rabu (6/6/2018).

Dalam isi pidato tersebut dijelaskan, Operasi Ketupat tahun 2018 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 18 hari, mulai 7 hingga 24 Juni 2018, dengan melibatkan sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda, serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam amanat apel tersebut, setidaknya terdapat empat potensi kerawanan yang harus di waspadai yang mana potensi kerawanan yang pertama adalah menjaga stabilitas harga agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan selama menjelang lebaran.

Kerawanan kedua yaitu permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik maupun arus balik selama suasana lebaran di mana hasil survei jalan oleh Korlantas Polri bersama kementerian perhubungan pekerjaan umum, perumahan rakyat, kesehatan maupun jasa marga dan pertamina mendapati sekurangnya enam lokasi rawan macet pada jalur utama mudik lebaran tahun ini.

Kerawanan ketiga yang harus diantisipasi adalah potensi bencana alam serta gangguan Kamtibmas lainnya, serta kerawanan ancaman tindak pidana terorisme.

"Guna mengantisipasi potensi aksi terorisme yang baru-baru ini terjadi di Indonesia, di samping itu mengadakan PAM tempat ibadah maupun pusat keramaian agar terciptanya situasi kondusif serta aman dan nyaman," ucapnya.[doni]


TAG