Pj Bupati Kapuas: Guru Punya Peran Penting dalam Proses Perbaikan Kurikulum

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Guru merupakan elemen paling penting memegang peran dalam proses perbaikan kurikulum. Pasalnya, di tangan merekalah tanggung jawab atas mutu pendidikan bagi peserta didik.

Ini seperti dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Agus Pramono S.Sos, Kamis (21/6/2018) dalam sambutannya pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Impementasi Kurikulum 2013 di aula kantor bupati, Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

“Kurikulum memiliki dua sisi yang sama pentingnya, kurikulum sebagai dokumen dan kurikulum sebagai implementasi,” ucap Agus.

Sebagai sebuah dokumen, lanjutnya, kurikulum berfungsi sebagai pedoman bagi guru, dan kurikulum sebagai implementasi adalah realisasi dari pedoman tersebut dalam kegiatan pembelajaran.

“Guru merupakan salah satu faktor penting dalam implementasi kurikulum. Bagaimana pun idealnya suatu kurikulum tanpa ditunjang oleh kemampuan guru mengimplementasikannya, maka kurikulum itu tidak akan bermakna sebagai suatu alat pendidikan,” imbuhnya.

Dengan demikian, sambungnya, peran guru dalam hal ini adalah sebagai posisi kunci, dan dalam pengembangannya guru lebih berperan banyak dalam tataran kelas.

Dikatakannya, semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal

“Perbedaan mendasar pada kurikulum revisi ini diantaranya adalah  penambahan unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam tujuan pembelajaran sesuai dengan peraturan presiden nomor 87 tahun 2017," kata Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng tersebut.

Menurutnya, literasi penguatan pendidikan karakter menjadi kewajiban sekolah dan guru yang dilakukan intra kurikuler KO Kurikuler dan ekstra kurikuler.
 
‘’Melalui para gurulah, saya titip peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Kabupaten Kapuas sehingga bisa bersaing dengan Kabupaten lain di Kalteng, bahkan nasional dalam hal rata-rata nilai,” pungkas Agus.

Hadir dalam pembukaan Bimtek tersebut seluruh Kabid, Kasi dan pengawas Disdik Kapuas. Selain itu juga dihadiri para kepala UPTD dan instruktur.[zulkifli]


TAG