Pj Bupati Agus Pimpin Upacara Harlah Pancasila

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono S. Sos menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke 73 dan Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018, Jumat (1/6) pagi, di Halaman Kantor Bupati Kapuas.

Upacara peringatan itu dimulai pada pukul 08.00 WIB, yang mana dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Kapuas membacakan sambutan tertulis Presiden RI terkait peringatan Hari Lahir Pancasila Ke 73 Tahun 2018. Dalam sambutannya ia mengatakan, sebagai bangsa yang majemuk yang  terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semua masyarakat bangsa harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika dan harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

“Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif,” katanya.

Ia menekankan lebih lanjut, semua pihak harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh.

Kemudian, Presiden mengungkapkan Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati disetiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia. Atas nama seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para Founding Fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Presiden pun mengajak para ulama, tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati membacakan kutipan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam rangka Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 110 Tahun 2018. Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional yaitu “Membagun Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital".

Hari Kebangkitan Nasional harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang adalam meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha maupun masyarakat sendiri.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke 110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimalkan mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang,” terangnya.[angga]


TAG