Pilkada Masuk Masa Tenang, Panwaslih: Masih Ada APK Terpasang

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Masa Kampanye Pilkada Serentak 2018 berakhir pada Sabtu (25/6/2018) kemarin. Tak Terkecuali untuk Pilkada 2018, Kabupaten Kapuas. Kini tahapan Pilkada tengah memasuki masa tenang, di mana telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada.

Istilah yang tertuang adalah masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye (APK), yaitu tanggal 24 hingga 26 Juni 2018.

Sangat disayangkan hingga hari ini, Minggu (24/6/2018), masih ada APK yang terpasang

"Tapi hari ini masih banyak (APK belum dilepas)," kata Iswahyudi Wibowo, Ketua Panwaslih.

APK, sambungnya, wajib diturunkan batas pukul 00.00 WIB oleh KPU dan Paslon. Panwaslih juga segera bergerak melakukan penyisiran untuk melepas APK yang masih terpasang.

Ketentuan itu, menurutnya, sudah diatur dalam Peraturan KPU nomor 4 Tahun 2017. Pada masa tenang Pilkada Panwaslih mengimbau dan mengingatkan, agar tidak melakukan hal-hal yang dilarang sesuai PKPU 4 tersebut

"Tidak boleh ada kegiatan kampanye, awasi dan laporkan praktik politik uang," kata Iswahyudi.

"Lawan dan waspadai politik SARA, serta tertibkan berbagai APK yang masih terpasang," pungkasnya.[zulkifli]

Berikut kutipan ketentuan PKPU nomor 4 Tahun 2017

Pasal 51

(1) Kampanye dilaksanakan 3 hari setelah penetapan pasangan calon peserta pemilihan sampai dengan dimulainya masa tenang.

(2) Masa tenang kampanye berlangsung selama 3 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

(3) Pada masa tenang, pasangan calon dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apapun.

Selain ketentuan untuk kadidat, KPU juga membuat ketentuan untuk media. Semacam imbauan agar ikut mendukung masa tenang Pilkada,

Ketentuan soal media itu diatur dalam BAB VI tentang Pemberitaan dan Penyiaran Kampanye. Pasal 54 berbunyi sebagai berikut:

(4) Selama masa tenang, media massa cetak, elektronik, dan lembaga penyiaran, dilarang menyiarkan iklan, rekam jejak partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon dan/atau tim kampanye, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan kampanye yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon.


TAG