Masuki Masa Tenang, Komisioner KPU Kapuas Periode 2018-2023 Resmi Dilantik

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas periode 2018-2013 resmi dilantik  di saat Pilkada memasuki masa tenang, Minggu (24/6/2018). Mereka yang dilantik merupakan rekrutmen hasil seleksi dari Pansel anggota KPU untuk menggantikan komisioner KPU sebelumnya yang telah memasuki purna tugas.

‘’Mereka (komisioner) bertugas sejak dilantik hari ini,” kata Harmain Ketua KPU Provinsi Kalteng, Minggu (24/6/2018).

Sebelumnya, salah satu komisioner KPU Kapuas yang lolos seleksi mengatakan, pelantikan akan dilaksanakan di Jakarta

‘’Pelantikan Minggu, 24 Juni di lantai dua gedung KPU RI, jalan Imam Bonjol, Jakarta,” tulisnya dalam pesan singkat kepada KabarKalteng.

Lima komisioner yang dilantik, dua di antaranya merupakan komisioner periode sebelumnya yang kembali berhasil lolos mengikuti seleksi. Sementara tiga komisioner lainnya merupakan wajah baru.

Berdasarkan data dari laman situs KPU RI, lima komisioner KPU yang lolos tersebut, yakni Adiresido, Budi Prayitno, Muntiara, Jamilah Maisura dan Agus Helmi. Hal tersebut dibenarkan oleh Harmain, Ketua KPU Provinsi Kalteng.

“Setelah pelantikan mereka sudah saya perintahkan untuk kembali ke Kapuas, dan mulai besok sudah harus bekerja menyelesaikan tahapan pilkada Kapuas 2018,” terang Harmain.

Menurut Harmain, Komisiner KPU Kapuas yang dilantik terlebih dahulu akan melakukan rapat pleno untuk menentukan posisi Ketua, Divisi dan Korwil.

Bardiansyah, Ketua KPU Kapuas yang telah purna tugas mengaku optimis kelima komisioner yang baru akan mampu melaksanakan tugas sebagai penyelenggara dengan baik.

Sebelumnya, Harmain juga mengatakan, pada 24 Juni KPU Kapuas akan diisi komisioner yang baru, itu bersamaan dengan empat kabupaten lain di Kalteng yang juga dilantik sebagai komisioner KPU di daerahnya masing-masing. 

Sementara, kini tahapan Pilkada Kapuas telah memasuki masa tenang dari 24 hingga 26 Juni, dan Rabu 27 Juni 2018 merupakan pelaksanaan pencoblosan di TPS. Terkait hal itu, pihaknya pun siap membackup komisioner yang baru dalam menghadapi tahapan Pilkada selanjutnya.[zulkifli]


TAG