KPU Optimis Partisipasi Pemilih Pilkada Kapuas 2018 Meningkat

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas berkeyakinan partisipasi pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan digelar Rabu, 27 Juni 2018 nanti akan meningkat dibanding Pilgub 2015 lalu.

Ketua KPU Kapuas, Bardiansyah SE mengatakan, angka partisipasi pemilih pada Pilgub 2015 yang hanya 50,7 persen diyakini akan meningkat

"Dari Pilgub yang hanya 50,7 persen mudah-mudahan bisa mencapai 77,5 persen, seperti yang menjadi target nasional," kata Bardiansyah pada acara pembukaan Bimtek Tungsura dan Logistik, di Hotel Permata Inn, Jalan Tjilik Riwut, Senin (6/6/2018) malam.

Menurutnya, karena pasangan calon  juga melakukan sosialiasi peningkatan partisipasi pemilih. Kendati begitu kepada jajaran penyelenggara diharapkan juga terus bersosialisasi menyuarakan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya.

KPU Kapuas mengklaim Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan  mendekati sempurna. DPT itu sendiri mengalami penurunan mencapai 20 ribu,

"Jumlah pemilih Pilgub 2015, 282.888 sedangkan DPT sekarang 260.195, sangat menurun karena Coklit berdasarkan E-KTP," jelasnya.

Pihaknya tetap akan mengakomodir pemilih yang tidak masuk DPT agar dapat memilih, sepanjang memiliki identitas EKTP maupun Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Disdukcapil.

"Nanti kita buatkan surat sesuai aturan agar yang tidak masuk DPT dapat menggunakan hak pilih," imbuhnya.

Berdasarkan laporan dan evaluasi, jumlah terbanyak pemilih yang tidak termasuk di DPT itu berada di wilayah PPK Pasak Talawang.[zulkifli]


TAG