• Latest News

    Kamis, 07 Juni 2018

    Kapal Sunan Drajat Belum Bisa Layani Arus Mudik Lebaran, Ini Kata Kadishub Pulpis


    PULANG PISAU - Kapal Drajat dengan rute Paciran (Lamongan)-Bahaur (Pulang Pisua) yang sebelumnya ditargetkan beroperasi sebelum lebaran mendapat kendala serius, sehingga pengoperasiannya tertunda.

    Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulang Pisua, John Oktoberiman, Kamis (7/6/2018) kepada KabarKalteng melalui via WhatsApp.

    "Kapal Sunan Drajat yang dengannya akan uji standar sebelum lebaran ini tertunda dan tidak dapat melayani arus mudik penumpang lebaran Bahaur- Paciran karena ada beberapa kendala yang menyebabkan operasional kapal jurusan antar pulau itu tertunda pelayarannya," ucap John.

    Kendala yang menyebabkan Kapal Sunan Drajat sementara tidak dapat beroperasi karena pada saat ujicoba standar, ramdoor haluan kapal tidak dapat sandar dengan baik di dermaga plengseran pelabuhan Paciran (Lamongan). Sehingga menyebabkan pelayaran sebelum lebaran tertunda.

    "Kendala ini sudah kita sampaikan kepada Kepala Daerah dalam hal ini pjs Bupati," ujar John.

    Selain terkendala masalah ramdoor haluan yang belum bisa sandar dengan baik, lanjutnya juga ada beberap hal kendala tentang kapal, yakni kapal tidak dapat berangkat dari Paciran ke Bahaur karena belum keluarnya Standar Pelayanan Minimum (SPM).

    Sehingga, tambahnya, Menteri Perhubungan memerintahkan supaya kapal Drajat Paciran standby di Banyuwangi untuk melayani arus mudik lebaran masyarakat Banyuwangi - Ketapang Gilimanuk Bali.

    "Demikian kami sampaikan kepada kepala daerah dan seluruh lapisan masyarakat Pulpis dan sekitarnya atas kendala tersebut," tukasnya.

    Ditanya kapan Kapal akan kembali beroperasi, John masih belum bisa memastikan hal tersebut, karena pihaknya juga menunggu keputusan dari pusat. Meski demikian, dirinya berharap Kapal Sunan Drajat yang merupakan kapal antar pulau yang sudah dinantikan masyarakat itu, kiranya tidak lama ini juga akan segera beroperasi.

    "Harapan kami Kapal Drajat ini segera operasional dan uji standar di Paciran segera dilakukan. Sehingga selanjutnya dapat melayani penumpang Paciran-Bahaur untuk memudahkan dan melayani penumpang dan barang," imbuhnya.

    Karena, lanjutnya, bagi Kabupaten Pulpis dengan adanya pelabuhan ini tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Pulpis, sehingga kesejahteraan pun meningkat dan lapangan usaha terbuka. "Ini juga dengan harapan perekonomian di Bumi Handep Hapakat Ini semakin membaik," tuturnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kapal Sunan Drajat Belum Bisa Layani Arus Mudik Lebaran, Ini Kata Kadishub Pulpis Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top