Gunakan Hak Pilih, Warga Jalan Bandar RT 06 Antusias Datangi TPS

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Ratusan warga RT 06, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (27/6/2018) pagi, berbondong-bondong mendatangi kursi yang disediakan panitia pemungutan suara di TPS 08 dan 07.

Kedatangan warga ke TPS tak lain untuk memenuhi hak suara atau pilihnya dalam memilih kepala dan wakil kepala daerah menurut hati nurani mereka.

Tampak warga sangat antusias melaksanakan hak pilihnya dalam Pilkada Pulpis 2018.

Tepat kurang lebih pukul 07.00 WIB, setelah segala sesuatu dan hal lainnya telah disampaikan oleh pihak KPPS, seperti membacakan tata tertib (tatib) dan lain sebagainya. Tiba saatnya warga setempat mulai mendaftarkan sebagai peserta pemilu dengan menunjukan formulir C-6 sebagai bukti adanya surat pemanggilan memilih.

Hasil pantauan wartawan KabarKalteng, di lokasi RT setempat, hingga pukul 08.00  WIB di TPS 08 dan 07 Kelurahan Pulang Pisau itu, dalam situasi aman, tertib dan terkendali.

Warga setempat bergiliran menunggu untuk memenuhi panggilan dari pihak PPS. Terlihat juga para pemilih sebagian sambil bercengkerama satu dengan yang lainnya di luar area TPS sambil menunggu panggilan namanya di sebutkan oleh panitia.

Aparat keamanan dari kepolisian dan lainnya juga terlihat berjaga-jaga di lokasi TPS.

Salah satu pemilih, Zuky mengaku sudah menggunakan hak pilihnya dalam menentukan kepala daerah dan wakil daerah/bupati dan wakil bupati periode 2018-2023.

"Alhamdulillah saya sudah memilih, dan saya bangun pagi-pagi sekali tadi," ujar pemilih pemula, Zuky saat dibincangi wartawan KabarKalteng, Rabu (27/6/2018) usai mencoblos.

Ia berharap, nanti siapapun yang terpilih sebagai bupati dan wakil bupati, yang pastinya dapat berlaku jujur, adil, amanah dan tentunya pro rakyat.

"Saya juga punya jagoan, tapi pada dasarnya siapapun nanti pemimpinnya untuk Pulpis yang kita cintai ini. Kami sangat berharap nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan guna mengembangkan Pulpis yang maju dan berkeadilan serta peluang usaha dan pekerjaan makin banyak," tutur pemuda RT 06 ini.

Hal serupa juga dikatakan pemilih lainnya, Mahing. Menurutnya, siapapun nanti yang terpilih warga pasti akan dukung. Namun, warga harapkan nantinya dapat memberikan peluang usaha dan pekerjaan bagi kami masyarakat biasa ini.

"Yang pastinya kami tidak muluk-muluk berharap kepada pemerintah nantinya, peluang usaha dan peluang pekerjaan untuk kami-kami ini tercipta. Sehingga kami dapat berusaha guna memberikan kebutuhan keluarga kami," ungkap Mahing yang kesehariannya sebagai buruh serabutan.

Sementara itu, diketahui pemilih pada TPS 08 berjumlah 283 dengan rincian, laki-laki berjumlah 150 dan perempuan 133. Sedangkan untuk TPS 07 jumlah pemilih 223 dengan rincian, laki-laki 114 dan perempuan 109. Jadi untuk total pemilih dari dua TPS yang ada di RT 06 berjumlah  506 pemilih.

Dan sampai pukul 09.15 WIB, kondisi TPS 08 dan 07 di Jalan Bandar tersebit dalam keadaan aman dan tertib. Para pemilih pun umumnya adalah warga sekitar RT setempat.[manan]

TAG