Di Pengujung Ramadhan Pemkab Barsel Buka Pasar Penyeimbang

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Perdagangan Koprasi (Disdagkop) dan UMKM membuka pasar penyeimbang di halaman kantor Bulog, Kota Buntok, Selasa (5/6/2018).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini bertujuan untuk membantu masyarakat di tengah melonjaknya harga bahan pokok di pasaran, mulai memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran.

"Pasar penyeimbang ini merupakan program tahunan dari pemerintah, untuk meringankan beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari - hari, pada setiap menjelang hari besar keagamaan," terang Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir ketika membuka kegiatan tersebut.

Aty Djoedir menambahkan, barang yang dijual di pasar penyeimbang itu berupa beras, telur, minyak goreng, gula pasir, susu kaleng, mie instan dan berbagai keperluan dapur.

Cara penjualannya dilakukan sebagaimana cara penjualan tradisional, akan tetapi dengan harga murah dari harga patokan di pasaran.

"Jadi terserah masyarakat saja mau beli keperluan dapur sesuai kemampuannya," terang Aty Doedir.

Sementara itu, Kepala Disdagkop dan UMKM Barsel, Susupmiati menerangkan, pihaknya tidak mungkin secara langsung dapat mengatur dan menekan naiknya harga sejumlah bahan pokok di pasaran. Karena para pedagang tentu mempunyai alasan tersendiri hingga bahan pokok tersebut mengalami kenaikan harga.

Susupimiati menguraikan, sebagian harga barang yang dijual tersebut di antaranya telur Ayam Ras Rp1.300 per butir, kemudian harga gula pasir merk Gulaku Rp12.000 per kilogram, dan minyak goreng merek Kita Rp12.000 per liter.

"Melaui pasar penyeimbang ini, semoga sebagaian keperluan pangan masyarakat kita dapat tercukupi, karena kami akan memberikan diskon 25 persen dari  harga di pasaran," tandasnya.[kenedy]


TAG