Bagarakan Unik dari Bangkuang Semarakkan Tanglong Bartim

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Sebanyak 27 peserta tanglong dan bagarakan sahur mengikuti lomba Tanglong Barito Timur 2018, Selasa (5/6/2018) malam. Gelaran yang dihelat Pemkab melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Bartim ini merupakan agenda tahunan dalam memeriahkan bulan suci Ramadan.

Kegiatan ini mampu menyedot perhatian warga. Tidak hanya dari kota Tamiang Layang saja, warga dari luar daerah pun ikut memadati sepanjang Jalan Ahmad Yani ibukota Kabupaten Bartim ini.

Dari sejumlah kontestan tanglong dan bagarakan sahur, dari kelompok bagarakan sahur Masjid Hidayatussalikin Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala, Barsel inilah yang banyak menyedot perhatian pengunjung.

Selain unik, mereka juga mengangkat kekhasan dalam bagarakan sahur yang sudah turun temurun sejak dahulu di Bangkuang.

Peserta dari Masjid Hidayatissalikin Bangkuang sendiri untuk menghasilkan musik bernuansa tradisional tersebut dengan alat-alat di luar dugaan pengunjung. Tidak heran setiap melintas di rute yang sudah ditentukan panitia selalu mendapat aplaus dan pujian pengunjung.

Subli Gunawan SHut, ketua kelompok bagarakan sahur dari Bangkuang menjelaskan, alat-alat yang mereka pakai untuk menghasilkan musik yang unik dan membuat yang mendengar dan melihat akan terpana, yakni sebagian alat-alat rumah tangga.

"Untuk menghasilkan musik yang unik ini kami menggunakan jerigen besi, baling-baling atau roda klotok, kaleng susu bekas, rantang dan mangkok yang terbuat dari stainsless, jerigen plastik serta galon. Pokoknya alat yang kami pergunakan ini sebagiannya adalah peralatan dapur," imbuh Subli.

Dilanjutkan, Subli mengucapkan kepada Kapolsel Karau Kuala, Lurah Bangkuang, sound sistem Gema Arisma, Majelis Taklim Khairunnisa NU dan seluruh warga Bangkuang yang telah membantu dan mendukung penuh rombongan kelompok bagarakan sahur dari Kelurahan Bangkuang

"Saya ucapkan ribuan terima kasih kepada Kapolsek Karau Kuala, Lurah Bangkuang, Majelis Taklim Khairunnisa serta warga Bangkuang yang telah membantu kami," tukasnya.[kenedy]


TAG