• Latest News

    Senin, 04 Juni 2018

    Anggota DPR RI Ini Minta Perusahaan aegera Realisasikan Plasma di Desa Hambawang


    PULANG PISAU - Permasalahan plasma yang masih belum direalisasikan oleh sejumlah Perusahaan Besar Sawit (PBS) yakni PT SCP 2 dan PT BAFM yang berdomisili di Wilayah Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau mendapat reaksi dari berbagai pihak, di antaranya datang dari Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat N Hamka.

    Rahmat mendesak kepada PBS tersebut untuk segera melakukan upaya realisasi plasma kepada masyarakat Desa Hambawang dan Dusun Lumpur.

    "Hak-hak mereka (masyarakat) berupa plasma yang pernah dijanjikan pihak PBS ini harus segera direalisasikan.
    Intinya keberadaan PBS harus memberi dampak kesejahteraan bagi masyarakat sekitar, karena plasma merupakan kewajiban perusahaan dan hak masyarakat yang harus dipenuhi," tukas Rahmat kepada KabarKalteng, Senin (4/6/2018) via WhatsApp.

    Selain masalah plasma, Rahmat juga menyinggung masalah CSR perusahaan juga harus jelas dan dikontrol, agar tepat sasaran, mengingat permasalahan CSR ini juga sudah diketehui oleh sejumlah awak media.

    "Kita minta semua pihak agar dapat mendorong hal tersebut segera terwujud. Kalau ditemukan adanya unsur penyimpangan harus segera diusut," pungkas Rahmat terkait polemik di Desa Sei Hambawang dan Dusun Lumpur.

    Sementara itu, hasil dari pantauan awak media yang berhasil mengonfirmasi beberapa pihak berkompeten dalam permasalahan ini sudah mengomunikasikan hal tersebut, di antaranya dengan Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo, Senin (4/6/2018).

    Saat dikonfirmasi wartawan media ini,  Camat setempat sementara ini belum bisa memberikan banyak pernyataan, mengingat informasi mengenai persoalan tuntutan warga terkait plasma belum banyak diketahuinya.

    "Sampai saat ini belum mendapatkan laporan secara resmi dan tertulis mengenai kondisi tersebut, dan saya pikir pihak desa langsung ke perusahaan menyampaikan hal tersebut, apabila perlu bantuan kami, kami siap memfasilitasi dengan pihak perusahaan," tukas Herman kepada media ini.

    Padahal sebelumnya menurut keterangan warga, pihaknya sudah pernah melakuan pertemuan dengan perusahaan yang dimediasi pihak kecamatan, akan tetapi tidak ada langkah real terkait hasil mediasi tersebut, bahkan pihaknya merasa dipingpong (red) antara pihak perusahaan dan Pemerintah Daerah saat ini.

    "Proposal kemitraan pun sudah kami ajukan dengan bermodalkan koperasi yg sudah berbadan hukum, akan tetapi sampai saat ini nihil. Terus terang kami sangat merasa kecewa terhadap pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan persoalan ini," ujar salah satu tokoh masyarakat Dusun Lumpur, Anang Kustari.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Anggota DPR RI Ini Minta Perusahaan aegera Realisasikan Plasma di Desa Hambawang Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top