Rianova Resmi Buka Pasar Ramadan

Print Friendly and PDF


PENINJAUAN – Plh Bupati Kapuas Rianova SH beserta pejabat yang hadir meninjau langsung kuliner dari para pedagang yang berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Wadai dan Kuliner Ramadhan 2018 M / 1439 Hijriyah, di Bukti Ngalangkang Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kapuas Rianova SH membuka Pasar Wadai dan Kuliner Ramadhan 2018 M/1439 Hijriyah, di Bukti Ngalangkang Kuala Kapuas, Kamis (17/5/2018).

Rianova dalam sambutannya menyatakan sangat menyambut baik dengan diadakannya Pasar Wadai dan Kuliner Ramadhan. Ia pun secara pribadi dan atas nama pemerintah mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa .

Ia mengatakan, Ramadhan merupakan bulan yang penuh hikmah dan berkah, dimana umat Islam beribadah puasa menahan hawa nafsu agar puasanya tidak batal disiang hari dan melaksanakan Sholat Tarawih di malam harinya.

Selain itu, terangnya, di bulan suci ini merupakan awal mula dturunkannya Kitab Suci Al Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk dan diakhiri dengan memberikan zakat fitrah kepada yang memerlukan serta berhari raya Idul Fitri.

Kemudian, ia mengimbau kepada umat Kristiani, Hindu, Budha dan Kaharingan agar terus memelihara rasa kekeluargaan, persatuan dan kesatuan yang telah diikat kuat oleh filosofi Huma Betang dan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait peristiwa bom yang telah terjadi di Surabaya dan Riau menjadi keprihatinan dan duka yang mendalam bagi semua pihak, dengan harapan semua peristiwa itu tidak terjadi lagi.

“Saya minta agar senantiasa waspada terhadap gerakan-gerakan yang mencurigakan dan segera melaporkan hal itu kepada aparat penegak hukum. Kita serahkan seluruhnya kepada TNI dan Polri yang semakin kuat dan profesional dalam menjaga bangsa dan negara,” tuturnya.

Lebih lanjut Rianova  berpesan kepada para pedagang baik wadai maupun kuliner wajib menjaga higyenis dan variatif  menu dagangannya.

Hal itu agar umat Islam yang berpuasa maupun masyarakat sekitarnya semakin mudah mencari wadai, sayur dan lauk pauk yang disaji sesuai selera serta pemenuhan asupan gizi.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi masak siang di rumah, supaya kita semua dapat mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali ini, dengan mengurangi masak untuk berbuka setiap hari di Bulan Ramadhan ini,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Selat Drs Noor Rahman dalam laporannya menyampaikan tema yang diangkat dalam pelaksanaan tersebut yaitu “Dengan Syiar Ramadhan Mari Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Umat Beragama”.

Kegiatan itu diikuti oleh 70 pedagang kuliner terdiri dari pedagang kue/wadai dan pedagang makanan (ikan masak dan sayur masak). Ia menekankan, semua pedagang tersebut tidak dipungut biaya apapun (gratis) mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan kegiatan selama 28 hari dari tanggal 17 Mei sampai dengan 13 Juni 2018.

Selain itu, lanjut dia, disediakan pula lima lapak diperuntukan bagi Bulog, TP PKK Kabupaten Kapuas dan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas.

“Panitia juga menyiapkan fasilitas Musholla tenda yang dilengkapi dengan fasilitas air bersih khusus bagi pedagang maupun pengunjung yang ingin menunaikan ibadah sholat sehingga walaupun sedang berjualan tetapi ibadah sholat tetap tidak ditinggalkan,” terangnya.

Pembekalan juga disediakan bagi para pedagang yang berpartisipasi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, yang telah membekali dengan memberikan sosialisasi tentang tata cara pengolahan dan penyajian makanan/minuman yang higyenis, sehat dan aman.

Dalam rangka memeriahkan Pasar Ramadhan ini, Noor Rahman mengatakan panitia melaksanakan beberapa jenis lomba dan hiburan yang bernuansa Islami antara lain Lomba Da’i Cilik, Lomba Tahfidz, Lomba Adzan (SD dan SMP), Tartil Qur’an dan Lomba Fashion Show Kategori TK, SD dan Ibu-ibu.[angga]

TAG