Masuki Ramadan, Harga Sembako Merangkak Naik

Print Friendly and PDF


MEMANTAU – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kapuas turun langsung ke pasar Blok R Kota Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS – Memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah sejumlah kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) mulai mengalami peningkatan. Hal ini terungkap saat  Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kapuas turun langsung ke pasar Blok R Kota Kuala Kapuas, Rabu (16/5/2018) lalu.

Tim ini dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas H Masrani didampingi sejumlah SOPD di lingkungan Pemkab Kapuas. Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan pemantauan harga pasar memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kabid Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Siti Wuryani menerangkan untuk melihat lebih jauh kondisi harga di pasar. Dari pantauan itu dan hasil wawancara dengan sejumlah pedangang di Pasar Blok R dan sekitarnya terungkap sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Namun, terang Siti, kenaikan itu masih relatif wajar, karena kebiasaan menjelang hari-hari besar keagamaan biasa harga-harga merangkak naik.

“Kami melihat bahwa kenaikan harga tersebut masih dalam tingkat kewajaran dengan kisaran kenaikan mulai Rp1.000 sampai Rp2.000,” terang Siti.

Dia mencontohkan untuk harga daging ayam yang semula di jual Rp34.000 menjadi Rp36.000 per kilo. Lalu telur ayam ras dari harga Rp22.000 menjadi Rp24.000 per kilo.

Sedangkan harga gula terpantau masih stabil dikisaran harga Rp12.000 per kilo dan minyak curah Rp10.000,-/per liter.[angga]


TAG