• Latest News

    Selasa, 15 Mei 2018

    Pemerintah Putuskan 1 Ramadhan Pada Kamis 17 Mei 2018


    MUARA TEWEH - Berpuasalah kamu jika melihat bulan dan berbukalah kamu jika melihat bulan", Hadist Rasulullah Saw ini merupakan penentu mulainya melaksanakan ibadah puasa.

    Untuk menentukan kepastian 1 Ramadhan 1439 H, Kementerian Agama RI melaksanakan sidang Isbat yaitu penetapan 1 Ramadhan dengan metode rukyat berdasarkan perhitungan hisab.

    Kementerian agama melakukan pemantauan hilal pada 95 titik di seluruh Indonesia. Berdasarkan hasil pantauan sebagian besar tidak melihat hilal, karena hilal berposisi - 0,51 derajat di bawah ufuk.

    Dalam konferensi pers yang dilakukan di Auditorium KH M Rasjidi Kantor Kemenag RI, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa hasil sidang Isbat memutuskan 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada tanggal 17 Mei 2018.

    Berdasarkan hasil laporan di 95 titik pantau tersebar di seluruh Indonesia sebagian besar tidak melihat hilal karena posisi hilal di seluruh Indonesia masih berada di bawah ufuk. Berdasarkan hasil laporan 32 titik yang masuk semua nya tidak melihat hilal. Maka berdasarkan ketentuan agama maka istikmal bulan Sya'ban genap 30 hari sehingga 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018.

    Pjs Bupati Barito Utara (Batara) H Sapto Nugroho mengimbau kepada seluruh kaum muslimin di Batara mengikuti ketentuan pemerintah mengenai awal ramadhan dan mengajak memanfaatkan bulan suci dan penuh berkah ini untuk meningkatkan ibadah ramadhan, dan bagi umat non muslim kiranya dapat menghormati saudaranya yang menjalankan ibadah puasa.

    "Semoga segala amal ibadah kita mendapat ridho dari Allah SWT," pungkasnya.[doni]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemerintah Putuskan 1 Ramadhan Pada Kamis 17 Mei 2018 Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top