• Latest News

    Senin, 07 Mei 2018

    Melalui Bumdes DPMD Minta Produk Unggulan Desa Dikembangkan


    KUALA KAPUAS - Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), berbagai produk unggulan lokal diharapkan bisa dikelola dan berkembang. Ini dibilai penting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

    Itu dikatakan Drs Ibak MPd, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, di sela kunjungan kerja Pejabat Kemendes RI, di aula DMPD Jalan Tambun Bungai Kapuas, Senin (6/5/2018).

    "Ada 155 Bumdes yang sudah berdiri, namun tidak semuanya memiliki modal besar," ungkap Ibak.

    Melalui Bumdes, lanjutnya, dikembangkan produk unggulan desa, dengan satu desa satu produk unggulan. Lewat Badan usaha milik desa tersebut dilakukan pemasaran, dan pengelolaan produk unggulan hasi desanya. Bumdes juga menyerap tenaga kerja, dan diharapkan dengan berjalannya usaha pada Bumdes yang dikelola dapat menaikan taraf perekonomian desa.

    "Contohnya hasil kebun nenas, itu juga didorong penjualan dalam bentuk produk masak dalam bentuk kemasan dan pengalengan," imbuh mantan Kepala Kesbanglinmaspol ini.

    Menurutnya, kehadiran pejabat Kemendes dan Dr Sonny Keraf selaku Anggota Dewan Energi Nasional Komisaris Independen BRI, tentu akan berdampak positif.

    "BRI memberi dukungan penuh untuk keberlangsungan Bumdes dari segi permodalan," imbuhnya.

    Selain itu, juga banyak informasi yang bisa diserap, sebagai motivasi dalam mengelola keberadaan Bumdes.

    "Diharapkan para Kepala Desa bisa menyerap informasi yang bermanfaat, untuk mengelola dan mengembangkan pembangunan ekonomi di desanya masing-masing," pungkas Ibak.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Melalui Bumdes DPMD Minta Produk Unggulan Desa Dikembangkan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top