Mantap..!! PKK Barsel Lakukan Pap Smear Gratis di Setiap Desa

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggandeng Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan
pap smear (kontrol kelamin) gratis terhadap kaum wanita di seluruh desa di Barsel.

Hj Permana Sari, Ketua TP PKK Barsel menerangkan, tujuan utama pap smear untuk mendeteksi sejak dini kemungkinan bisa mengidap kanker serviks yang dilakukan dengan pap-smear, juga pemeriksaan dini untuk kanker payudara dan juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter.

"Penyakit kanker itu merupakan penyakit yang sangat berbahaya untuk kaum hawa. Maka dari itu TP-PKK harus memberikan perhatian khusus pada kaum ibu di Barsel," ujarnya di sela kegiatan pengobatan gratis di Desa Palu Rejo akhir pekan tadi.

Dilanjutkannya, Ketua TP PKK yang juga menjabat anggota DPD RI perwakilan Kalteng ini juga merencanakan bersama Dinkes Barsel akan mengunjungi setiap desa.

"Kepada para kaum ibu-ibu yang ada di pedesaan, kami mohon untuk terus menjaga kesehatannya, dan jika pada gilirannya nanti tim kesehatan kami datang ke desanya, agar tidak perlu sungkan untuk minta di periksa," pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Barsel, dr Djulita K Palar mengatakan, metode pemeriksaan kesehatan seksual tersebut, umumnya meliputi tes untuk penyakit menular seksual, disfungsi seksual, serta mendiskusikan kontrasepsi, termasuk pilihan kontrasepsi jangka panjang.

"Pap smear adalah sebuah uji medis yang dapat memeriksa kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Melalui pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker, bisa terdeteksi," bebernya.

Djulita yang baru menjabat tersebut menambahkan, untuk lebih akurat, sebaiknya dua hari sebelum menjalani tes agar jangan berhubungan intim, jangan mengonsumsi obat-obatan vaginal, jangan gunakan spermisida dan jangan dalam periode menstruasi.

"Tapi yang jelas sepekan sebelum tim kami datang ke pedesaan, kami juga akan bersosialisasi tentang pentingnya Pap Smear untuk menjaga kesehatan kaum ibu di Barsel," pungkasnya.[kenedy/deni]


TAG