Kunjungi Pasien, LAZISMU Pulpis Bagikan 150 Nasi Kotak di Rumah Sakit

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Baru saja terbentuk, Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Pulang Pisau menggelar kegiatan sosial di bulan Ramadhan.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh pihak Muhammadiyah itu dengan membagikan 150 paket buka puasa berupa nasi kotak kepada pasien dan keluarga yang menunggu pasien serta petugas yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau, Kamis (31/05/2018).

"Alhamdulillah, kemarin kita telah melakukan kegiatan sosial dengan membagikan hidangan berbuka puasa kepada pasien dan petugas rumah sakit. Alhamdulillah, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar yang dibantu oleh pemuda Muhammadiyah (Immawa dan Immawati)," ucap Sekretaris Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Pulpis, Rudi Purwadi, kepada sejumlah awka media, Jumat (1/6/2018).

Rudi mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya itu, yakni pembagian takjil dan nasi kotak untuk berbuka puasa itu kali pertama dilaksanakan oleh LAZISMU Pulang Pisau, dengan didukung dari para muzaki dan donatur yang ada di seputaran Kabupaten Pulang Pisau.

“Ini merupakan program kita yang akan terus kita tingkatkan ke depannya dan akan menjadi program tahunan LAZISMU untuk berbagi dengan para pasien yang ada di RSUD Pulpis,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua LAZISMU Pulang Pisau, Achmat Husen menjelaskan, LAZISMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

"Berdirinya LAZISMU dimaksudkan sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa LAZISMU didirikan oleh Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah pada tahun 2002, selanjutnya dikukuhkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional melalui SK No. 457/21 November 2002.

Dengan telah berlakunya Undang-Undang Zakat nomor 23 tahun 2011, Peraturan Pemerintah nomor 14 tahun 2014, dan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 333 tahun 2015.

"LAZISMU sebagai lembaga amil zakat nasional telah dikukuhkan kembali melalui SK Menteri Agama Republik Indonesia nomor 730 tahun 2016," ungkapnya.[manan]


TAG