Jelang Ramadan Sejumlah Komoditas Melonjak Naik

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Menjelang Ramadhan 1439 H dikabarkan sejumlah komoditi di wilayah Kabupaten Pulang Pisau melonjak naik. Itu seperti disampaikan Anggota dewan Pulang Pisau, H Johansyah, kepada KabarKalteng, Minggu (13/5/2018).

"Dari pantauan kami, sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan seperti telur ayam ras dari 20 ribu per kilogram menjadi 24 ribu per kilogran, bawang merah dari 28 ribu per kilogram menjadi 35 ribu per kilogram," ujar Bang Jo begitu sapaan akrabnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, hampir setiap ramadan, di mana daya beli masyarakat meningkat karena peningkatan kebutuhan yang selalu dibarengi dengan kenaikan harga, terutama pada kenaikan sembako.

"Meski yang kita dapatkan di lapangan masih beberapa komoditi saja yang naik,  namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan diikuti oleh komoditas lainnya," tukasnya.

Dari itu, ia mengimbau kepada pedagang untuk dapat menjaga stabilitas pasokan barang serta jangan sampai ada permainan. Di sini juga kehadiran pasar murah atau operasi pasar sangat diharapkan kehadiranya, terutama bagi kalangan masyarakat yang tingkat ekonomi menengah ke bawah.

"Pedagang jangan sampai menimbun stok barang," tegasnya.

Saran ini, tambahnya, bukan tidak beralasan, karena berdasarkan pantauan pihaknya sudah ada beberapa jenis barang kebutuhan yang mulai merangkak naik.

"Kepada pihak terkait kita dorong supaya terus memantau kondisi harga pasar di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Pulang Pisau ini," tandasnya.[manan]


TAG