Jelang H -1 Ramadan Harga Ayam dan Telur Melonjak

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Menjelang memasuki bulan Ramadan atau bulan puasa tahun ini, harga ayam potong pedaging melonjak. Kenaikan juga berimbas pada komoditas telur ayam

"Iya naik sekali harga ayam, sejak awal bulan hingga sekarang mencapai Rp35 ribu per kilonya," kata Zum pedagang ayam di pasar blok R, Rabu (16/5/2018).

Untuk harga normal, lanjutnya, berkisar dibawah Rp30 ribu per kilogramnya. Kenaikan itu melebihi dari kenaikan tahun sebelumnya.

"Harga itu memang sudah mahal dari penyalur," imbuh Zum.

Senada, Dayat pedagang sate ayam juga mengatakan demikian. Menurutnya, menjelang Ramadan harga ayam terus bergerak naik mulai Rp30 ribu hingga mencapai Rp35 ribu per kilogram. Sementara itu untuk harga ayam kampung saat ini per kilo nya di atas Rp60 ribu.

Kenaikan juga berimbas pada komoditas telur ayam.

"Harga telur ayam melonjak dari Rp1500, saat ini Rp1800, per biji, itu untuk telor yang paling besar," kata Alfi pedagang di Jalan Barito.

Kenaikan ayam potong dan telur diperkirakan karena tingginya tingkat permintaan konsumen. Ini juga mengingat pada Kamis, 17 Mei 2018, telah memasuki bulan Ramadan.[zulkifli]


TAG