Ingatkan Kelola DD, Kajari Kapuas: Jangan Ada Kegiatan Fiktif

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas, Komaidi SH kembali mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) maupun perangkat desa, tentang pengelolaan Dana Desa (DD). Dia mengingatkan, jangan sampai melakukan penyimpangan seperti melaporkan kegiatan fiktif yang berakibat merugikan keuangan negara.

"Saya titip (pesan) zaman now jangan lagi ada fiktif, bahwa fiktif itu gampang sekali dibuktikan," kata Komaidi SH, dalam sambutannya pada acara penandatanganan fakta integritas pengelolaan DD di halaman Kejaksaan Negeri Kapuas, Selasa (8/5/2018).

Komaidi juga meminta kepada camat sebagai pimpinan pemerintahan wilayah di Kecamatan untuk turut memantau kegiatan dalam pengelolaan DD.

Kejari metasa bersyukur, mengingat di Kabupaten Kapuas pada pelaksanaan DD tahun sebelumnya, tidak ada perkara terkait DD yang sampai ke pengadilan. Namun pihaknya tetap mengingatkan bahwa instrumen hukum itu sebagai sarana kontrol.

"Kami selalu membuka pintu untuk konsultasi, jika ada kegiatan yang ragu-ragu (dalam sisi hukum)," tambah Komaidi.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, yang dibacakan Asisten Pengawas Kejati, Thohir SH mengatakan, sebagaimana instruksi Kejagung RI, kepada Kejati dan Kejari agar melakukan sosialisasi secara serentak kepada perangkat desa agar DD yang diterima dikelola dan dipergunakan secara optimal dan sebaik-baiknya, serta tidak disalahgunakan.

"Diterapkan melibatkan masyarakat dengan cara swakelola," kata Thohir.

Menurut Kajati, DD yang dikucurkan agar dapat mempercepat pembangunan desa guna meningkatkan kesejahteraan.[zulkifli]


TAG