• Latest News

    Senin, 21 Mei 2018

    Hanafi Imbau Gapoktan Segera Miliki Badan Hukum


    PULANG PISAU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Pulang Pisau,  Hanafi mengimbau kepada seluruh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) untuk melengkapi kelompoknya dengan badan hukum.

    Karena, kata Hanafi, apabila kelompok tani berbadan hukum supaya poktan tersebut mendapat perlindungan hukum, pembinaan dan fasilitas dari pemerintah bagi anggota maupun pengurusnya

    Ini sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, di mana pasal 69 menyatakan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya, berkewajiban mendorong dan memfasilitasi terbentuknya kelembagaan petani dan kelembagaan ekonomi petani.

    "Ya kita imbau kepada seluruh poktan yang ada di Wilayah Kabupaten Pulpis di luar poktan binaan kita untuk sesegera melengkapinya kelompoknya dengan badan hukum. Karena itu demi kepentingan mereka juga," ucap Hanafi, Senin (21/5/2018).

    Dikatakannya pula, guna memberikan perlindungan hukum terhadap poktan itu pihaknya terus melakukan upaya pembinaan terhadap kepada seluruh gapoktan. Karena syarat yang sudah ditentukan pihak kementerian harus memiliki badan hukum yang dimaksud.

    "Sedikitnya ada 10 gapoktan yang terpantau dan semuanya itu di bawah binaan kita. Ke sepuluh itu, tersebar di beberapa kecamatan di Pulpis, diantaranya Pandih Batu, Maliku, Sebangau dan Kahayan Hilir," kata Hanafi.

    Hanafi juga menegaskan adanya gapoktan ini jangan hanya muncul disaat ada bantuan saja, namun harus benar-benr terkootdinir segala sesuatu hal legalitasnya.

    "Gapoktan ini kan untuk memfasilitasi kelompoknya sendiri, salah satunya untuk kesejahteraan kelompoknya sendiri. Intinya juga dinas akan terus melakukan pembinaan, " tukasnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Hanafi Imbau Gapoktan Segera Miliki Badan Hukum Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top