DPMD Tegaskan Pakta Integritas Bentuk Pengawalan Agar tak Langgar Aturan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menegaskan adanya pakta integritas yang telah ditandatangani Kepala Desa se Kabupaten Kapuas, beberapa waktu lalu sebagai bentuk pengawalan agar tidak melanggar aturan dalam pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

"Pakta Integritas pada prinsipnya bentuk kerjasama dengan pihak Kejaksaan, dalam hal aturan tentang pengelolaan," kata Drs Ibak MPd, Kepala DPMD Kapuas, Senin (14/5/2018).

Selain itu, juga komitmen bersama perangkat desa, dalam menjalankan pemerintahan desa sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ibak menegaskan, pakta integritas tidak mempengaruhi penanganan terhadap pelanggaran yang dilakukan perangkat desa. Namun, jika pihak desa menemukan ketidakjelasan tentang aturan dapat mengkonsultasikan baik kepada  DPMD maupun pihak kejaksaan.

"Pelanggaran itu juga bisa disebabkan karena ketidaktahuan aturan," imbuhnya.

Dalam mengelola DD dan ADD, lanjutnya, agar dapat dipertanggungjawabkan sesuai SPJ yang mengacu pada aturan berlaku. DD yang dikucurkan pemerintah tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat.

"Melalui padat karya, turut memberdayakan dan menggerakan SDM yang ada di desa," pungkas Ibak.[zulkifli]


TAG