• Latest News

    Selasa, 15 Mei 2018

    Disdik Tegur dan Akui Ada Guru tak Disiplin Kerja


    PULANG PISAU - Salah seorang oknum Kepala Sekolah (Kepsek) SMP di Desa Sei Bakau, Kecamatan Sebangau Kuala, menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Pasalnya, oknum kepsek tersebut dikabarkan sering tidak masuk kantor.

    Terkait hal itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Pulang Pisau mengakui dan membenarkan ada Kepala sekolah di SMP Sei Bakau yang jarang turun. Bahkan disebutkan turun hanya tiga bulan sekali atau per triwulan sekali.

    Disebutkan jika hal tersebut terjadi karena adanya tugas dan kewajiban yang harus diperjuangkan oknum Kepsek dimaksud, di antaranya untuk mengisi aplikasi online dalam mengoperasionalan segala kebutuhan sekokah sendiri.

    "Untuk kasus ini memang sudah kita tegur, namun di sisi lain kita mau melakukan apa?. Ketidakhadiran oknum kepsek di sekolah itu semua dikarenakan kewajiban yang harus, guna kebaikan sekolah yang dirinya pimpin, yakni untuk mengisi semua aplikasi yang ada. Mengingat di lokasi desanya tidak bisa dilakukan karena tidak ada sinyal," kata Desi Kasi PTK SMP, Disdik Pulpis, Selasa (15/5/2018).

    Desi juga mengungkapkan, meski yang bersangkutan berdalih seperti itu, tapi pihaknya tidak membenarkan kalau harus melalaikan tugas dan tanggungjawabnya sebagai kepsek. 

    "Memang tindakan yang dilakukan oleh oknum kepala sekokah itu tidak kita benarkan, tapi itu semua dilakukan demi operasional sekolah itu sendiri, jadi kita agak bingung juga. Karena kalau oknum kepala sekolah itu tidak menjalankan kewajiban yang dimandatkan oleh pemerintah pusat terkait aplikasi sekolah yang dirinya kerjakan, itu juga akan berdampak pada sekolah yang dirinya pimpin," paparnya.

    "Saat inikan Dapodik, pengurusan bantuan dan dana BOS harus diisi dan dilaporkan secaraonline. Kendalanya saat ini koneksi jaringan di sana tidak ada sehingga yang bersangkutan itu harus ke daerah perkotaan yang akses jaringannya kuat," terangnya.

    Kembali lagi pihak dinas setempat dalam hal ini tetap akan melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk mencari solusi hal tersebut.

    "Untuk memberi sanksi agak susah saat ini. Karena kepala sekolah itu melakukan perjalanan dinas. Jadi susah kita membuktikan pelanggaran kedisiplinannya. Namun tidak menutup kemungkinan kalau memang ada data atau fakta yang riil, maka pasti akan ditindak tegas," tandas Desi menuntup perbincangan.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Disdik Tegur dan Akui Ada Guru tak Disiplin Kerja Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top