Dikelola Profesional, Pejabat Kemendes: Produk Ini Berpotensi Dongkrak Perekonomian

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Kapuas, memiliki produk unggulan daerah yang dinilai memiliki potensi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Itu jika dikelola secara profesional dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Hal itu seperti dikatakan Ir Nyelong Inga Simon, Direktur Pengembangan Sumber Daya dan LH Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Kapuas, Senin (6/5/2018).

"Ada empat produk unggulan yang berpotensi, karet, rotan, beras dan buah-buahan," kata Inga Simon.

Pengelolaan dan pemberdayaan produk-produk unggulan daerah tersebut, salah satunya bisa dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Menurutnya, potensi itu bisa berjalan maksimal dengan upaya dan dukungan beberapa faktor

"Karet kualitas panennya harus diperbaiki dan perlu pendampingan, begitu juga rotan dibutuhkan dukungan mesin juga pendampingan," imbuhnya.

Selain itu, juga dibutuhkan pelatihan-pelatihan atau studi banding untuk peningkatan kapasitas SDM yang mengolah produksi itu.

Produk unggulan lainnya di Kabupaten Kapuas yang dinilai berpotensi sebagai  komoditi punya nilai jual adalah beras dan buah-buahan.[zulkifli]


TAG