Dewan Kapuas Apresiasi Pengembangan Produk Unggulan Desa

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Pengembangan komoditi berbagai produk unggulan lokal, menuai apresiasi positif Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Algrin Gasan.

Politisi Partai Golongan Karya ini mengatakan, dengan menggalakan berbagai produk unggulan dari Pemerintahan Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), merupakan upaya peningkatan pendapatan masyarakat itu sendiri, dalam rangka membangun ekonomi desa.

"Keberhasilan Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang melalui produk unggulannya yaitu berbahan mentah dari buah nanas sudah menembus pasar nasional adalah kebanggaan tersendiri,  harus menjadi percontohan bagi pemerintah Desa lainnya di Kapuas," kata Algrin, Senin (6/5/2018).

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan Pemdes melalui BUMDes, seperti mengembangkan berbagai produksi kerajinan berbahan dasar rotan,  karet asli dari Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung yang kaya akan sumber daya alamnya.

"Kemampuan masyarakat Kapuas sebenarnya tidak kalah dengan masyarakat luar, akan tetapi kesempatan dan persoalan menjadi kendala mendasar bagi pengembangan usaha," imbuhnya.

Untuk membantu persoalan modal usaha, lanjutnya, saat ini sudah menjadi polemik tertentu. Namun hadirnya BUMN dengan program masyarakat pemberdayaan  usaha menengah ke bawah akan  memberikan kesempatan usaha yang akan mengantarkan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

"Ciptakan persaingan dunia usaha yang memperkenalkan produk asli lokal maka akan menciptakan lapangan usaha demi kemakmuran masyarakat Kapuas secara umum," tutup Algrin.[zulkifli]


TAG