Dewan Imbau Pembangunan Pasar Desa tak Boleh Sembarangan

Print Friendly and PDF


BUNTOK – Wakil Ketua I DPRD Barito Selatan, H Hasanuddin Agani, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperkop dan UKM), agar tidak sembarangan membangun pasar desa.

“Saya katakan, kepada Disperkop dan UKM, sebaiknya jangan sembarangan membangun pasar desa,” Kata Hasanuddin, kepada awak media, Rabu (30/5/2018).

Imbauan tersebut, sengaja dilayangkannya, lantaran dirinya menerima laporan dan juga saat melihat langsung di lapangan. Ia menemukan bahwa benar adanya banyak pasar desa yang tidak terpakai dan tempatnya tidak strategis bagi masyarakat desa setempat.

“Banyak pasar desa yang sudah hancur karena tidak terpakai, serta jauh dari pemukiman penduduk, sehingga akhirnya bangunan tersebut menjadi mubazir saja!” tukas mantan Ketua DPRD Barsel periode 2009 - 2013 ini.

Ditambahkan Hasanuddin, oleh karena itulah, dirinya mengimbau kepada dinas terkait agar sebelum membangun pasar desa, harus melakukan uji kelayakan terlebih dahulu, terkait tempat yang strategis dan kebutuhannya bagi masyarakat desa tersebut, agar perencanaan pembangunan pasar desa menjadi tepat sasaran dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

“Uji kelayakan bagi hal tersebut, bertujuan agar nantinya dana yang telah dianggarkan untuk pasar desa, dapat dirasakan dan digunakan oleh masyarakat desa setempat,” tutupnya.[tampetu]


TAG