• Latest News

    Senin, 07 Mei 2018

    Ada Bakteri di Kasus Keracunan Massal..??, Ini Keterangan Singkatnya


    PULANG PISAU - Kasus dugaan keracunan yang terjadi di Desa Garantung, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) pasca mengonsumsi makanan saat menghadiri kampanye salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pulang Pisau periode 2018-2023 beberapa waktu lalu, kini mendapat titik terang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau.

    "Kasus keracunan yang terjadi beberapa waktu lalu usai konsumsi makanan di acara kampanye salah satu paslon itu, murni terkontaminasi bakteri di makanan tersebut, sehingga itulah penyebab ratusan warga mengalami gejala keracunan. Kalau zat lainnya seperti zat kimia tidak kita dapatkan dan ini hasil dari uji sampel atau uji laboratorium," ucap dr Muliyanto Budihardjo kepada sejumlah awak media, Senin (7/5/2018) di ruang kerjanya.

    Menurut dr Mul, sedikitnya ada dua macam bakteri yang terdapat di sejumlah  jenis makanan yang menyebabkan warga mengalami gejala keracunan.

    Adapun bakteri yang menyebabkan gejala keracunan ratusan warga itu akibat dua jenis bakteri, yakni Staphylococcus aureus dan Escherichia coli (E. coli), di mana kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan efek terhadap kesehatan seperti gejala yang ditimbulkan jika mengalami infeksi ini adalah diare, nyeri dan kram perut, hingga mual dan muntah.

    Untuk mengantisipasi kejadian ini terulang, dr Mul mengimbau agar dapat menjaga kebersihan. "Karena bakteri ini berkembang di lingkungan yang kurang sehat, dan bakteri ini sekarang lari ke makanan yang diolah dengan secara langsung," terang dr Mul.

    Dirinya juga mengatakan, hasil dari sampel ini tentunya sudah jelas dan terang bahwa kasus ini tidak ada kaitannya dengan zat kimia atau zat berbahaya lainnya.

    "Kembali saya tegaskan kasus dugaan keracunan beberapa waktu lalu murni akibat bakteri yang melekat pada makanan yang dikonsumsi, pada saat itu karena lingkungan kurang bersih," ujar dr Mul mengakhiri keterangannya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ada Bakteri di Kasus Keracunan Massal..??, Ini Keterangan Singkatnya Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top