• Latest News

    Kamis, 03 Mei 2018

    3.900 Peserta Ikuti Karnaval FBIM 2018


    PEMOTONGAN PITA – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran didampingi para pejabat provinsi yang hadir membuka langsung Kalteng Quality Expo 2018 (Pameran Nasional Produk Unggulan Daerah Festival Budaya Isen Mulang), ditandai dengan pemotongan pita.

    KUALA KAPUAS – Sebanyak 3.900 peserta dari 12 Kabupaten dan Satu Kota meramaikan Pawai Budaya dalam Rangka Festival Budaya Isen Mulang memperingati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke 61.

    Pawai itu dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, Rabu (2/5/218) lalu di Jalan Patih Rumbih depan Rujab Wabup Kapuas. Dirangkaikan dengan Tarian Massal tema “Kalteng Berkah” gabungan dari putera puteri terbaik di Kabupaten Kapuas dibawah naungan Dewan Kesenian Daerah Kapuas.

    Maksud dan tujuan diadakannya pawai adalah sebagai sarana komunikasi untuk membangun pemberdayaan dan sebagai pengakuan identitas budaya maupun kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Kalimantan Tengah khususnya dan kebudayaan Indonesia pada umumnya.

    Kemudian, sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan dan memperkokoh jati diri bangsa, martabat, menumbuhkan rasa kebangsaan, kebanggaan dan mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

    “Selain itu sebagai promosi wisata dan meningkatkan jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Kalimantan Tengah untuk kesejahteraan masyarakat,” papar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Dr Guntur Talajan MPd dalam laporannya.

    Sementara itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan kekayaan lain yang terdapat di Kalimantan Tengah yaitu budaya selain kekayaan sumber daya alamnya.

    Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi akan memastikan dan menggali kekayaan tersebut menjadi komoditi andalan untuk penghasilan PAD dan APBD Provinsi Kalteng ke depannya.

    “Untuk itu kami ingin menggali di sektor pariwisata, yang mana sektor tersebut ketika kami gali tidak akan merusak lingkungan, biayanya murah dan menyerap tenaga kerja yang sangat luar biasa,” katanya.

    Maka dari itu, lanjut dia, Presiden Joko Widodo pernah mencanangkan ada 10 Bali baru, dan kedepannya Kalimantan Tengah direncanakan akan masuk dalam 11 Bali baru, hal ini ia mengungkapkan sudah disampaikan ke Menteri Pariwisata.

    Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah tentu akan mendorong perbaikan di wilayah infrastruktur kearah sektor-sektor pariwisata.

    “Kami ingin yang ada di Palangka Raya dulu kami gali yaitu salah satunya pariwisata Kereng Bangkirai terdapat taman nasional kurang lebih 600 ribu Hektar,” ungkapnya.

    Selain itu, Taman Nasional Sebangau akan dikelola dengan baik dan akan menjalin kerja sama dengan CSR perusahaan dan Pemerintah Daerah juga akan membangun perhotelan.

    Hal ini ia sampaikan bahwa direncanakan akan terwujud sebelum berakhir masa jabatannya, yang mana Kalimantan Tengah menjadi 11 Bali baru di Indonesia.

    Dalam sambutannya pula, ia meminta keharmonisan selalu dijaga, karena tanpa adanya keharmonisan tidak bisa membangun Kalimantan Tengah. “Buang permasalah terkait suku dan keagamaan, supaya masyarakat Kalteng lebih maju, bermartabat dan bisa bersaing dengan provinsi yang lain,” pungkas Sugianto.

    Sebelumnya Gubernur membuka Kalteng Expo, dimana seluruh kabupaten kota, maupun provinsi memamerkan produk-produk unggulan daerahnya. Lalu pada malam harinya dilaksanakan hiburan rakyat yang menampilkan artis dangdut Dewi Persik dan artis-artis ibukota lainnya.[angga]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 3.900 Peserta Ikuti Karnaval FBIM 2018 Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top