• Latest News

    Kamis, 03 Mei 2018

    2019 Dikabarkan Jembatan Layang akan Dibangun di Ruas Palangka Raya-Bukit Rawi


    PULANG PISAU - Permasalahan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau memang menjadi sebuah polemik yang berarti. Bagaimana tidak, permasalahan banjir ini sudah menjadi langganan setiap tahunnya, khususnya di daerah dataran rendah yang ada di Kabupaten setempat, seperti Kecamatan Kahayan Tengah (Bukit Rawi) dan Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya.

    Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terus melakukan upaya konkrit dalam menanggapi bencana banjir tahunan ini. Salah satunya dengan upaya tanggap darurat dan berkoordinasi dengan berbagai pihak yang berkompeten dalam ini.

    "Hari ini kita telah membentuk tim tanggap darurat yang tergabung beberapa SOPD dalam upaya menangani masalah banjir di Bukit Rawi dan Jabiren Raya," ucap Pjs Bupati, Muhammad Hatta usai rapat tanggap darurat di Kantor BPBD Pulpis, Jumat (4/5/2018).

    Menurut Hatta, permasalahan banjir tahunan di Wilayah Kabupaten Pulpis ini sudah merupakan tanggungjawab bersama. Dari itu, lanjut Hatta, sudah seharusnya kita dapat memberikan solusi dan tanggapan yang serius dalam masalah banjir musiman atau banjir tahunan ini.

    "Memang yang namanya musibah kita tidak dapat menghindarinya, namun seperti apa kita dapat memberikan solusi dan tanggapan terhadap warga sekitar yang sedang dilanda musibah banjir ini, salah satunya dengan tanggap darurat yang kita laksanakan pada hari ini," ucap Hatta begitu sapaan akrabnya.

    Hatta juga mengatakan, dalam rapat tanggap darurat itu, pihaknya sudah membentuk tim gabungan berbagai pihak untuk segera turun langsung ke lapangan, guna memberikan solusi dan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terkena musibah banjir.

    "Tim gabungan yang sudah kita bentuk, terdiri dari pihak BPBD, BPPKAD, Disdik, Dinkes, Perhubungan, Satpol PP, Camat daerah setempat, dan TNI/Polri, yang nanti dari tim gabungan ini mencar di dua kecamatan yang terkena musibah banjir," ujar Hatta.

    Selain upaya di atas, tambah Hatta, solusi jangka panjang dalam menghadapi masalah banjir tahunan ini, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa pada tahun 2019 mendatang akses jalan yang terkena banjir itu akan dibangun jembatan layang yang nantinya akan dibangun di sepanjang ruas jalan Palangka Raya-Bukit Rawi yang terkena musibah banjir tahunan.

    "Informasi dari Kemenhub, kita sudah mendapatkan kabar pada tahun 2019 mendatang akan dibuat jembatan layang sepanjang kurang lebih 3 Km, di ruas jalan yang terkena banjir itu. Kalau yang di Desa Tanjung Taruna karena sifatnya memang banjir musiman yang merupakan musibah, kita hanya bisa memberikan bantuan berupaya sembako, kesehatan dan lainnya kepada masyarakat setempat," tutur Hatta.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 2019 Dikabarkan Jembatan Layang akan Dibangun di Ruas Palangka Raya-Bukit Rawi Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top