• Latest News

    Rabu, 02 Mei 2018

    139 Senjata Laras Panjang Ilegal plus Empat Pistol Dimusnahkan


    PALANGKA RAYA - Sebanyak 139 pucuk senjata api ilegal plus empat buah pistol aktif dimusnahkan di halaman Markas Komando Resort Militer (Korem) 102 Panju Panjun, Rabu (2/5/2018). Senjata yang dimusnahkan didapatkan dari masyarakat yang menyerahkan secara sukarela.

    Komandan Korem 102, Kolonel Arm M Naudi Nurdika mengatakan, ratusan senjata api ilegal tersebut diperoleh dari masyarakat yang menyerahkan secara sukarela di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) dan sekitarnya, sejak Januari 2017 hingga Mei 2018. 

     “Jadi senjata ini diserahkan oleh masyarakat secara sukarela dan kesadaran tanpa paksaan,” ucap pria dengan melati tiga di pundak ini.

    Naudi menjelaskan, dari ratusan senjata api yang sudah disita itu, paling banyak didapat dari warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kabupaten Sukamara. 

    Untuk kabupaten lainnya hanya beberapa saja, karena masyarakat berada di pedesaan.

    "Masyarakat menyerahkan senjata api rakitan memang dengan niat sendiri tanpa ada paksaan dari petugas keamanan," katanya.

    Naudi sangat mengapresiasikan  kesadaran masyarakat Kalteng terkait senjata api rakitan ilegal ini. Bahkan kesadaran menyimpan dan menggunakan senjata api rakitan tanpa izin.

    "Bisa dikenakan hukuman penjara sesuai undang-undang (UU) yang berlaku di Republik ini," tegas Naudi.

    Dari pantauan KabarKalteng di lapangan, pemusnahan senjata api rakitan ilegal ini dihadiri Ketua Umum Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, Irwasda Polda Kalteng, perwakilan Kejati Kalteng dan undangan lainnya.[deni]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 139 Senjata Laras Panjang Ilegal plus Empat Pistol Dimusnahkan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top