• Latest News

    Kamis, 12 April 2018

    Wow..!!! Dugaan Penyelewengan Anggaran di Dinas Pertanian Pulpis Terus Diusut


    foto: M Kahfi


    PULANG PISAU - Lantaran terus menerus dipertanyakan dan dituding diduga telah menyelewengkan anggaran dana yang dihibahkan (diserahkan) dari BKP5K Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) setelah dilebur ke Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) setempat, oknum Kepala Distanak Pulpis berinisial SUR dan mantan Bendahara, ALT, belakangan ini dikabarkan ramai-ramai telah mengembalikan anggaran yang menjadi hak pegawai dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di 8 Kecamatan.

    Sebelumnnya juga diketahui dari data lapangan, pada anggaran tahun 2017 lalu sebesar Rp300 juta lebih yang telah diduga digunakan untuk kepentingan pribadi oleh kedua oknum tersebut dibayarkan secara satu persatu.

    SUR dan ALT disebutkan secara persuasif mendatangi sejumlah BPP setempat. Setelah pembayaran dilakukan, semuanya disuruh untuk membubuhkan tanda tangan dengan isi dari kesepakatan tidak akan mempersoalkannya secara hukum.

    Nah! Yang jadi pertanyaan di sini menurut Ketua LSM Kitari, Agustier yang menyampaikan hal ini kepada sejumlah awak media pada, Kamis (12/04/2018) mengatakan, apakah dengan perihal tersebut (pengembalian uang yang sebelumnnya telah dipakai) akan menghilangkan dugaan tindak pidana yang dilakukan SUR dan ALT?, tentunya tidak dengan serta merta.

    Pasalnya, kedua pejabat ini telah memiliki niat atau itikad untuk melakukan kejahatan dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

    “Masa iya boleh begitu. Kalau boleh, ayu kita ramai-ramai korupsi. Kalau ketahuan, ramai-ramai juga kita kembalikan supaya tidak dihukum,” kata Agustier yang menyampaikan bahwa dirinya yang saat ini sedang berada di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

    Sementara itu, hasil pantauan dan informasi dari pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulang Pisau, pada Rabu (11/04/2018) hingga Kamis (12/04/2018), pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan dimintai keterangan oleh pihak penyidik kejaksaan.

    Koprs Adhyaksa itu telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah penyuluh, Kepala BPP, dan Kepala Bidang Penyuluhan berinisial F terkait perihal tersebut.

    Sampai berita ini dimuat, masih belum ada keterangan resmi dari Kejaksaan Negeri Pulpis terkait pemeriksaan tersebut.

    Dengan adanya dugaan penyelewengan dan pengendapan anggaran ini, terang saja menjadi pembicaraan dan buah bibir di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

    Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulpis, Triono Rahyudi SH MH, melalui Kepala Seksi (Kasi) Intel, Gusti M Kahfi Alamsyah, saat dikonfirmasi, Kamis (12/04/2018) membenarkan, telah adanya lanjutan pemeriksaan terkait dugaan penyelengan di Dinas Pertanian Pulpis.

    Adapun terkait dana anggaran yang diduga telah diselewengkan dan telah dikembalikan itu, M Kahfi begitu sapaan akrabnya  mengungkapkan, nanti juga hasilnya akan kita ungkap secara terang benderang.

    "Kita lihat saja. Nanti akan ketahuan ada potensi kerugian negara atau tidak. Kami bekerja dulu," ucapnya mengakhiri percapakannya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wow..!!! Dugaan Penyelewengan Anggaran di Dinas Pertanian Pulpis Terus Diusut Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top