Waspada! Barsel - Bartim Intensitas Hujan Tertinggi Hingga Juni 2018

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Badan Meteorologi, Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) Barito Selatan, memperkirakan untuk di dua wilayah Kabupaten, yakni Barsel dan Bartim, masih akan mengalami musim hujan dengan intensitas curah hujan tertinggi di Kalimantan Tengah hingga bulan Juni 2018.

Ditemui KabarKalteng di sela kegiatan di Kantor Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, Selasa (3/4/2018), Kepala BMKG Barsel, Musuhanaya SE, mengungkapkan bahwa untuk wilayah Kabupaten Barsel dan Bartim, akan mengalami intensitas curah hujan tertinggi hingga memasuki bulan Juni 2018.

Karena berdasarkan analisa BMKG yang bermarkas di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel tersebut, intensitas curah hujan di Barsel dan Bartim, mencapai 70 - 100 mm per Dasarian, atau bila diukur dengan skala merupakan masuk kategori sedang hingga tinggi.

"Kita (BMKG Barsel) bersama dengan BMKG Kalteng, memperkirakan untuk wilayah Kalteng, ada dua kabupaten, yakni Barsel dan Bartim yang akan mengalami curah hujan tertinggi hingga Juni mendatang," terangnya.

Dijelaskan Musu lebih lanjut, untuk musim kemarau sendiri, BMKG Barsel dan BMKG Kalteng telah memprediksi  akan terjadi di Bulan Juni 2018.

Berdasarkan hasil analisa tersebut, Musu mengingatkan  kepada seluruh masyarakat untuk berhati - hati, terutama yang tinggal di desa-desa di tepian Daerah Aliran Sungai (DAS), karena kemungkinan akan adanya banjir bisa saja terjadi lagi.

"Kita hanya mengingatkan saja, dari antara bulan April ini, hingga bulan Juni 2018 mendatang, agar masyarakat berhati-hati, karena banjir bisa saja terjadi lagi!" imbaunya.[tampetu]



TAG