Waduh...!!!, Santap Hidangan Usai Kampanye, Warga Desa Ini Keracunan?

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Diduga akibat keracunan makanan, ratusan warga Desa Garantung Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengalami mual dan muntah-muntah. Alhasil, mereka pun harus mendapat perawatan intensif.

Dugaan keracunan tersebut berawal saat warga Garantung menghadiri kampanye salah salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau periode 2018-2023.

Seperti biasa, usai menyampaikan orasinya, pihak paslon dan simpatisan menyantap hidangan yang sudah disiapkan. Usai menyantap hidangan, tidak beranjak lama kurang lebih 3-4 jam warga mengalami keluhan seperti mual dan muntah-muntah. Kuat dugaan sehabis mengkonsumsi makanan itulah mula kejadian ini.

"Sepertinya kami habis konsumsi makanan itu mas, tidak lama merasa mual, terus pusing-pusing," ujar Ririn warga Desa Garantung dikonfirmasi Kabarkalteng di RSUD Pulpis, Senin (16/4/2018).

Kejadian yang serupa juga dialami Purnomo warga yang saat itu ikut menikmati hidangan. Dirinya juga mengalami mual dan muntah-muntah sampai drop dan terpaksa dilarikan ke RSUD.

"Mual luar biasa mas, muntah-muntah juga mencret, pokoknya kami sekampung gejalanya sama mas," ungkapnya.

Sementara itu menyikapi kejadian tersebut, H Idham Amur (Idham), merasa prihatin dan sebagai bentuk tanggungjawab, semua korban akan ditanggung masalah pengobatannya.

"Kejadian ini tentunya sangat kita sayangkan sampai terjadi, memang saat itu kita usai melakukan kampanye seperti biasa menikmati kosumsi yang sudah disiapkan. Tidak menyangka juga sampai terjadi kejadian ini, sampai saya juga kena, namun tidak terlalu parah, yang parah supit saya," ungkap H Idham Amur kepada sejumlah awak media, Senin (16/4/2018) di sela memantau pasien dugaan keracunan.

Data sementara yang berhasil dihimpun KabarKalteng, sedikitnya 105 orang yang mengalami mual, muntah serta mencret-mencret, dan sebagian sudah diizinkan Pulang dan sisanya masih berada di RSUD setempat.[manan]


TAG