Tidak UNBK, SMPN 1 Buntok Optimis Capai Target Kelulusan 100 Persen

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Meskipun tidak ikut melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), salah satu SMP unggulan di Kabupaten Barito Selatan, SMP Negeri 1 Buntok, yakin bisa mencapai target kelulusan siswa hingga angka seratus persen.

Ditemui KabarKalteng di Kantornya, Rabu (25/4/2018), Kepala Sekolah SMP N 1 Buntok, H Samsudin Noor, berharap dan optimis 186 orang siswa SMP unggulan tersebut, dapat mencapai angka seratus persen kelulusan di Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tahun 2018.

"Allhamdulilah ya, hingga hari ketiga ini, pelaksanaan UNKP di sini (SMPN 1 Buntok) berjalan lancar, baik secara persiapan fisik maupun administrasi. Harapannya tahun ini dan saya sangat yakin, mencapai target kelulusan seratus persen!" tukasnya.

Di sela pelaksanaan ujian hari ketiga, yang merupakan ujian Bahasa Inggris tersebut, Samsudin juga menjelaskan, perihal mengapa pihaknya untuk tahun 2018 ini, tidak ikut serta dalam pelaksanaan UNBK. Dijelaskannya, pihaknya lebih memilih melaksanakan UNKP, dikarenakan belum siapnya peralatan yang dimiliki mereka, terutama komputer yang hanya berjumlah 70 unit saja. Meskipun sebenarnya diakui oleh Samsudin, diperbolehkan kepada sekolah-sekolah yang ingin mengikuti UNBK untuk bergabung dengan sekolah yang memiliki kelengkapan untuk itu, dirinya sebagai Kepala SMPN 1 Buntok, lebih memilih untuk tidak mengikuti UNBK sampai ada regulasi yang mengharuskan seluruh Sekolah di Indonesia untuk melaksanakan UNBK.

"Sampai ada regulasinya yang mengharuskan kita (Sekolah) untuk melaksanakan UNBK, barulah kami harus ikut serta. Jadi karena memang terutama perlengkapannya kurang di sini (SMPN 1 Buntok), tahun 2018 ini kami tidak ikut dulu, mudahan tahun depan kami bisa ikut," tegas Samsudin.[tampetu]


TAG