• Latest News

    Kamis, 26 April 2018

    Tertibkan Parkir Liar, Pemkab Barsel Siapkan Perbup Baru


    BUNTOK - Guna menertibkan semerawutnya parkir liar di Kota Buntok, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, tengah merumuskan Peraturan Bupati yang baru khusus mengatur tentang Parkir, untuk segera diterbitkan.

    Ditemui di Kantornya, Kamis (26/4/2018), Kepala Dinas Perhubungan Barsel, Ir Daud Danda MM, melalui Kepala Bidang Parkir, Yohanes, memberikan keterangan, bahwa saat ini pihaknya bersama beberapa stakeholder terkait, seperti Disperindagkop dan UKM, Bagian Hukum Setda dan BAPPEDA Barsel, tengah merumuskan Perbup yang mengatur mengenai mekanisme, zona parkir dan besarnya pajak retribusi di bidang parkir, yang segera diterbitkan di tahun 2018 ini.

    "Saat ini, kami tengah merumuskan Perbup yang baru, khusus mengatur tentang parkir terutama di wilayah kota Buntok, diharapkan agar bisa segera ditetapkan dan diterapkan secepatnya di tahun ini (2018)" tuturnya.

    Pentingnya Perbup tentang parkir yang baru ini segera diterbitkan, menurut Yohanes, dikarenakan pihak Pemkab Barsel ingin segera merealisasikan peningkatan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bidang parkir. Sebab dengan sistem yang berdasarkan kebijakan Kepala Dishub Tentang Retribusi Jasa Usaha, diakui olehnya target di tahun 2017 sebesar Rp75 juta, itu terlalu kecil dan bahkan itupun hanya bisa dicapai kurang lebih 50 persennya saja.

    "Dengan peraturan yang berdasarkan kebijakan Kadishub, Daerah hanya berani menargetkan pendapatan sebesar Rp75 juta di tahun 2017, yang tercapai hanya 50 persen lebih sedikit saja PAD kita dari parkir. Jadi sangat penting untuk segera menerbitkan sebuah peraturan baru, guna menaikan target dan pendapatan riil PAD yang bersumber dari parkir," tukasnya.

    Untuk "mengakali" agar tidak ada 'kebocoran' PAD, sementara penyelesaian Perbup yang baru, dijelaskan oleh Yohanes lebih lanjut, bahwa pihaknya akan memberikan jangka waktu tertentu terkait perizinan pengelolaan parkir, bagi pihak-pihak swasta yang bekerjasama dengan Pemkab.

    "Biasanyakan perizinan itu sekali terbit untuk satu tahun, nah sekarang kami akan buatkan bentuk perizinan dengan jangka waktu tertentu saja bagi rekanan pengelola parkir, sembari menunggu Perbup yang baru ditetapkan. Kalaupun nanti penetapan Perbupnya masih terlalu panjang dibandingkan perizinan, maka perizinan akan diperpanjang tetap dengan jangka waktu tertentu. Contohnya empat bulan atau beberapa bulan nantinya, sambil melihat kesiapan penetapan Perbupnya!" terang Yohanes.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tertibkan Parkir Liar, Pemkab Barsel Siapkan Perbup Baru Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top