Siapkan Anggaran APBDP, DPUPR Segera Perbaiki Pelabuhan Pasar Lama

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan, berjanji akan menyiapkan dana perbaikan jebolnya drainase di Pelabuhan Pasar Lama Buntok pada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2018.

Ditemui di Kantornya, Rabu (26/4/2018), Kepala Bidang Cipta Karya, DPUPR Barsel, Eddy Haryadi, menerangkan bahwa terkait jebolnya drainase di Dermaga Pelabuhan Pasar Lama Buntok, pihaknya telah menyiapkan rencana perbaikan dengan dana yang bersumber pada APBDP 2018 mendatang.

"Ya kalau untuk itu (perbaikan), akan kita anggarkan di APBDP 2018," terangnya.

Dilanjutkan oleh Eddy, rencananya perbaikan Pelabuhan Pasar Lama itu nantinya, hanya untuk  memperbaiki drainase saja, sebab status pelabuhan dimaksud hak kepemilikan asetnya, adalah masih milik pihak Kementerian Perhubungan, karena hingga saat ini belum ada hibah kepada Kabupaten.

"Tapi perbaikan yang bisa kita lakukan, hanyalah memperbaiki drainasenya saja, karena untuk keseluruhan sebenarnya bangunan tersebut merupakan masih hak milik Kementerian," tukasnya.

Selain kendala hak kepemilikan, hal lain yang masih agak menyulitkan pihaknya dapat segera melakukan perbaikan dan rehabilitasi terhadap bangunan pelabuhan dimaksud, adalah keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh bidang Cipta Karya, untuk menanggulangi kerusakan yang disebabkan oleh kejadian mendadak semacam ini.

"Anggaran untuk musibah itu kan adanya di BPBD, tapi yang ini belum tergolong bencana karena kasusnya masih terbatas, namun bila dibiarkan bisa tambah parah dan bahkan bisa menjadi bencana," ucap Eddy.

Untuk diketahui, drainase Pelabuhan Pasar Lama Buntok, sudah sekitar hampir tiga bulan lebih, mengalami jebol dan meruntuhkan sedikitnya seluas sekitar 3 meter persegi, yang lokasinya sangat berdekatan dengan bangunan gedung UPTD Kantor Pelayanan Pelabuhan. Hal ini, dikhawatirkan  bila dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan dapat saja menyebabkam bencana longsornya bangunan pelabuhan beserta gedung di atasnya, apalagi di saat sekarang ini, di tengah musim penghujan dengan intensitas tinggi.[tampetu]


TAG