Serapan Anggaran Triwulan Pertama tak Capai Target

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Hasil realisasi serapan anggaran di Triwulan Pertama tahun 2018 Kabupaten Pulang Pisau, tidak penuhi target capaian. Hal itu terlihat setelah Pemkab setempat menggelar Rakordal di Aula Bappedalitbang, Selasa (3/4/2018).

Pmsebelumnya sudah ditargetkan, serapan anggaran pada Triwulan Pertama 20 persen. Sayang, faktanya realisasi serapan hanya sekitar sembilan koma sekian persen saja

"Capaian serapan anggaran pada Triwukan Pertama ini relatif sangat kecil dari target 20 persen, hanya mencapai 9 koma sekian persen saja," ucap Pjs Bupati Pulpis, Muhammad Hatta kepada sejumlah awak media, Selasa (3/4/2018) usai giat Rakordal.

Menurut Hatta, inti dari pelaksanaan rakordal ini ialah masalah serapan anggaran. Dari itu, sudah seharusnya Pemkab melaksanakannya dengan baik sehingga capaian akan maksimal.

"Penyerapan anggaran itu bukan hanya dari belanja langsung saja, akan tetapi tapi juga dari belanja tidak langsung," tukasnya.

Sedikit diterangkan Hatta, biasanya untuk belanja tidak langsung itu serapanya cukup berjalan dengan normal, karena belanja tidak langsung kisaran antar gaji. Sedangkan untuk belanja langsung harus dinaikan, mengingat serapan dari belanja langsung yang mendongkrak serapan, karena berupa pengadaan atau kegiatan fisik.

Akan tetapi, masalah kegiatannya tersebut yang Pjs Bupati tidak mau jika ada kegiatan yang seharusnya dilakukan minggu ini kemudian ditunda atau dimundurkan.

"Ngapain harus ditunda-tunda kalau anggaramya sudah ada. Dari itu saya harapkan pada Triwulan Kedua nanti capaian serapan anggaran mencapai target bahkan harus lebih untuk menutupi kekurangan pada Triwulan Pertama itu," pintanya.[manan]


TAG