• Latest News

    Selasa, 24 April 2018

    Semalaman Diguyur Hujan, Kota Muara Teweh Diterjang Banjir


    MUARA TEWEH - Akibat curah hujan yang sangat tinggi mengguyur kota Muara Teweh pada Senin (23/4/2018) malam, membuat sungai Bengaris (anak sungai Barito) meluap. Akibatnya, di beberapa titik pemukiman warga di sekitar Jalan Ronggo Lawe, belakang Kantor Bappeda dan kawasan jalan Pendreh tergenang air setinggi 50 hingga 150 sentimeter.

    Terkait kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Batara) segera melakukan langkah tanggap darurat untuk mengevakuasi warga.

    Sekretaris Daerah, Ir H Jainal Abidin MAP langsung melakukan pemantauan banjir ke beberapa lokasi didampingi Kalak BPBD Ghazali Mantalattua SSos MAP,  Selasa (24/4/2018).

    Dalam kesempatan itu pula, Jainal Abidin mendengarkan keluhan masyarakat yang mengalami kebanjiran dan langsung memimpin proses evakuasi warga.

    Di samping itu pula menerima beberapa masukan dari masyarakat sekitar bagaimana solusi kedepan untuk mengatasi luapan anak sungai Bengaris.

    Sekda pun prihatin dengan kondisi masyarakat yang rumahnya sebagian besar terendam banjir. Dia berpesan untuk selalu waspada dan menjaga  kesehatan dan berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

    Proses evakuasi oleh BPBD dan Polres Batara berjalan lancar dengan menurunkan beberapa perahu karet. Pantauan hingga pukul 15.00 WIB, air sudah mulai surut.


    Selain rumah warga yang terendam banjir, kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Batara juga tidak luput dari serangan banjir. Sejumlah barang-barang kantor habis terendam, termasuk satu unit mobil dinas PWI juga terendam banjir.

    Menurut Rayu Hadi, warga di jalan Pertiwi menuturkan, meluapnya sungai Bengaris ini diakibatkan Muara Teweh diguyur hujan semalaman dan sungai Bengaris yang tak jauh dari rumahnya pun meluap.

    "Saya berharap kepada pemerintah daerah untuk mencari solusi agar sungai Bengaris tidak lagi dangkal sehingga bahaya banjir dapat diminimalisir," tukasnya.

    Sementra daerah yang terendam banjir antara lain, Jalan Pendreh muka APMS, Sudirman depan cafe bengkel, A Yani depan nasi kuning dan depan perikanan/toko Udin Unik, Pramuka depan Barakati/depan Global Pool sepanjang jalan Ronggolawe, Simpang Tiga Ronggolawe Pertiwi dan Wirapraja sepanjang sungai Bengaris.[doni]

    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Semalaman Diguyur Hujan, Kota Muara Teweh Diterjang Banjir Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top