Ribuan Guru Tenaga Kontrak di Kapuas Belum Terima Honor, Kenapa ya..?

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Sebanyak 3.456 orang guru tenaga kontrak, di Kabupaten Kapuas, hingga kini belum menerima honor selama tiga bulan, terhitung dari Januari sampai Maret 2018.

"Januari sampai Maret 2018 belum terbayar seluruhnya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kapuas melalui Yather SPd, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik Kapuas, Selasa (17/4/2018).

Menurutnya, belum terbayarkannya honor ribuan guru tenaga kontrak tersebut dikarenakan adanya perubahan sistem pembayaran. Jika sebelumnya pada 2017 pembayaran dengan sistem manual, untuk pembayaran 2018 melalui rekening bank masing-masing guru kontrak, yang mana untuk pembuatan rekening tersebut saat ini prosesnya masih berlangsung.

"Januari 2018 perpanjangan kontrak dan Februari 2018 pengolahan data, untuk SK dikeluarkan pada bulan Maret 2018," jelas Yather.

Menurutnya, pembuatan tiga ribuan rekening tentunya membutuhkan waktu. Selain itu, pihaknya juga sambil melakukan perbaikan data guru tenaga kontrak yang belum akurat.

"Sudah ada sepuluh kecamatan yang selesai pembuatan rekeningnya, sisanya tujuh kecamatan lagi," imbuh Yather.

Untuk guru tenaga kontrak pada setiap tiga bulan, lanjutnya, Disdik juga  melakukan evaluasi kinerja. Rekrutmen ribuan tenaga pengajar kontrak itu sendiri, dalam rangka melengkapi kekurangan jumlah tenaga guru untuk 17 Kecamatan se-Kabupaten Kapuas.

"Harapan kita dengan adanya guru kontrak, kualitas pendidikan meningkat, sebab tujuan pengangkatan guru tersebut, untuk memenuhi standar pelayanan minimal," pungkasnya.[zulkifli]


TAG