Pengurus FPK Resmi Dikukuhkan

Print Friendly and PDF


PROSESI PENGUKUHAN – Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan ST MT yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH mengukuhkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kapuas Periode 2017 – 2020, Kamis (5/4) pagi di Aula Kantor Kesbangpol dan Linmas Kapuas.

KUALA KAPUAS – Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan ST MT yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH mengukuhkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kapuas Periode 2017 – 2020, Kamis (5/4/2018) Pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kesbangpol dan Linmas itu dihadiri oleh perwakilan dari Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta para undangan.

Menurut laporan Kepala Dinas Kesbangpol dan Linmas Drs IDG Oka Ariawan menjelaskan maksud dan tujuan Pengukuhan FPK Kabupaten Kapuas adalah sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Dengan tujuan untuk mendorong terwujudnya pembauran kebangsaan guna memperkokoh integritas nasional serta menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu diselenggarakan Forum Pembauran Kebangsaan di daerah.

Adapun pengurus FPK Kabupaten Kapuas Periode 2017 – 2020 yang telah dikukuhkan yaitu sebanyak 26 orang, dengan susunan pengurus sebagai berikut Ketua Darwandi SE, Wakil Ketua I H Aliansyah Noor, Wakil Ketua II Ir Toshiba Limin, Sekretaris Suardi Syarif SH dan Wakil Sekretaris Winarna ST.

Terdiri dari berbagai bidang diantaranya Bidang Penyaringan Aspirasi diketuai oleh Yance Lakbur Lawal, Bidang Komunikasi diketuai Radiansyah M.Ag, Ketua Bidang Sosialisasi Jaholong Simamora SH MH dan Bidang Evaluasi dan Laporan yang diketuai oleh Saifuddin SE.

Pjs Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda mengatakan Pemerintah Daerah wajib mengoptimalkan tugas dan fungsi forum-forum yang ada di Kabupaten Kapuas terutama dalam membina, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman keutuhan bangsa.

“Dengan terbentuknya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Periode Tahun 2017 – 2020 kita berharap  besar agar dapat meningkatkan keharmonisan, saling menghormati diantara anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, budaya dan etnis,” kata Ermal dalam sambutan tertulisnya.

Kemudian, ia menuturkan, pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional, dan upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepada pengurus FPK yang telah dikukuhkan, ia menyampaikan dalam menjalankan perannya sebagai partner pemerintah, dituntut untuk selalu mengambil sikap arif dan bijaksana, selalu mengambil keputusan dengan tidak tergesa-gesa dan mendiskusikan dan mendiskusikan dengan semua kelompok dan pemerintah yang akan membantu sesuai dengan kemampuan baik moril maupun materil.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pengurus FPK Periode 2012 – 2015 yang telah bekerja semaksimal pada tahun-tahun lalu dalam upaya melestarikan nilai sosial budaya, mengembangkan kehidupan demokrasi, melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI khususnya di daerah Kabupaten Kapuas,”terangnya.

Sementara itu, Ketua FPK Kabupaten Kapuas yang baru dikukuhkan Darwandie menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Daerah  yang telah mendukung adanya pengukuhan FPK Kabupaten Kapuas Periode 2017 – 2020.

Ia berharap ke depan,  Forum Pembauran Kebangsaan ke depan dalam menjalankan programnya dapat dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan dan amanat yang telah ditetapkan. FPK merupakan organisasi yang memiliki makna yang strategis dalam memelihara rasa persatuan dan kesatuan dan memupuk kebhinekaan khususnya di Kabupaten Kapuas yang memiliki masyarakat yang heterogen.

“Kami berharap FPK terus menerus dapat berkembang dan dapat menjadi tempat yang sesuai koridornya sehingga terus berkiprah dalam perpanjangan tangan bagi pembangunan daerah. Serta menjadi penghangat, perdamaian dan kerukunan di daerah,” harapnya.[angga]


TAG